HUT TNI ke-75, Pemprov Apresiasi Kontribusi TNI dalam Penanganan Covid-19

Pemerintah Provinsi Kalsel mengikuti upacara peringatan HUT TNI ke-75 secara virtual di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Senin (5/10/2020). MC Kalsel/tgh

Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tahun 2020 yang digelar secara virtual di Istana Negara. Dalam peringatan HUT TNI ke-75 ini, Provinsi Kalimantan Selatan ikut menyaksikan jalannya upacara di Gedung Mahligai Pancasila.

Dalam pidato Presiden RI Joko Widodo mengatakan, atas nama rakyat bangsa dan negara, HUT TNI ini bukan hanya dirayakan anggota TNI dan keluarga besar dimanapun berada. Tetapi juga segenap rakyat Indonesia dan perjalanan panjang TNI sejak perjuangan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara.

“Menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara,” kata Jokowi, dalam sambutannya melalui virtual, Senin (5/10/2020).

Oleh karena itu, sebagai penjaga utama kedaulatan negara, TNI tidak hanya berkontribusi melalui operasi militer untuk perang (OMP), tetapi juga melalui operasi militer selain perang (OMSP). “Dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dalam sambutan yang dibacakan oleh Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengatakan, kegiatan HUT TNI ke-75 mengambil tema Sinergi untuk negeri. Maka TNI dan jajaran berkomitmen memberikan yang terbaik serta bersinergitas antara pemerintah dan masyarakat.

“Jadi TNI bersinergi antara Pemerintah dan masyarakat dalam menjaga negara,” katanya.

Oleh sebab itu dimasa pandemi Covid-19, jajaran TNI ikut berupaya dalam penanganan Covid-19 di Kalsel. Salah satunya melakukan penegakkan disiplin protokol kesehatan, pemberian bantuan santunan kepada masyarakat terdampak hingga melakukan kegiatan donor darah dan terapi plasma konvalesen.

“Ini yang menjadi fokus kita untuk membantu masyarakat. Hal itu tidak mengurangi makna peringatan hari jadi TNI,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan mengucapkan selamat atas perayaan HUT TNI ke-75. “Semoga TNI tetap menjadi garda terdepan dalam mempertahankan kedaulatan RI dan memutus penyebaran covid-19, serta menjadi bagian sinergi antara TNI/Polri dan pemerintah serta masyarakat,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih