Tingkatkan Pelayanan, BPN Kota Banjarbaru Gunakan Aplikasi Sentuh Tanahku

Kepala Subbagian Tata Usaha, Kantor Kementerian ATR/BPN Kota Banjarbaru, Alkaf saat memberikan keterangan terkait peningkatan pelayanan sertifikat tanah dengan aplikasi Sentuh Tanahku, Banjarbaru, Jumat (28/8/2020). Mc Kalsel/Rol

Kantor Kementerian ATR/BPN Kota Banjarbaru melakukan peningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menggunakan aplikasi “Sentuh Tanahku” guna memudahkan masyarakat dalam pengurusan berkas dan sertifikat tanah secara online.

“Dalam memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat, kami menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku yang telah diluncurkan Kementrian ATR/BPN. Pengguna aplikasi tersebut bisa dengan cepat mengurus semua kepentingan terkait sertifikat tanah,” ucap Kepala Subbagian Tata Usaha, Kantor Kementerian ATR/BPN Kota Banjarbaru, Alkaf, Jumat (28/8/2020).

Lanjut Alkaf menyampaikan, aplikasi Sentuh Tanahku menyediakan fitur untuk partisipasi plot bidang tanah jika sertifikat tanah pengguna belum terdata.

“Jika sertifikat tanah belum terdaftar pada aplikasi, pengguna dapat melaporkannya melalui aplikasi ini dengan menyertakan informasi rinci sertifikat dan foto bukti sertifikat pemohon,” tambahnya.

Namun, untuk menggunakan fitur info berkas dan info sertifikat, pemohon wajib mengkonfirmasikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke kantor pertanahan terdekat untuk proses aktifasi.

Oleh karena itu, aplikasi ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi dan persyaratan pengurusan sertifikat tanah.

“Diharapkan dengan aplikasi Sentuh Tanahku, masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan persyaratan pengurusan sertifikat serta simulasi anggaran biaya. Sehingga, pengguna aplikasi dapat memprediksikan besaran biaya yang diperlukan untuk kepengurusan layanan tersebut,” tutupnya. Mc kalsel/Rol

Mungkin Anda Menyukai