Jelang 10.000 Swab Masif, Pemprov Kalsel Pastikan Ketersediaan Logistik

Koordinator Bidang SDM dan Logistik, Akhmad Yani, memberikan keterangan terkait persiapan 10.000 swab masif serentak di 13 kabupaten/kota, Banjarmasin, Rabu (12/08/2020). MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus melakukan berbagai persiapan jelang pelaksanaan 10.000 swab masif serentak di 13 kabupaten/kota, salah satunya dengan memastikan ketersediaan logistik.

“Kesiapan logistik yang utama adalah VTM dan dacron untuk pengambilan swab,” kata Koordinator Bidang SDM dan Logistik, Akhmad Yani, Banjarmasin, Rabu (12/08/2020).

Sampai tanggal 11 Agustus kemarin, Yani mengatakan pihaknya telah mendistribusikan 11.850 VTM, selain juga mengirimkan PCR kit dan RNA kit ke laboratorium yang ditunjuk.

“Sampai saat ini semua logistik sudah terdistribusi ke Dinkes kabupaten/kota dan ke laboratorium masing-masing,” ujar Yani.

Yani menyebutkan, lima laboratorium yang ditunjuk mampu melakukan pemeriksaan sebanyak 1.979 spesimen perhari dan hasil dapat diketahui maksimal tiga hari.

“Kapasitas pemerikasaan per hari yakni BBTKLPP Banjarbaru 500 spesimen, RSUD Ulin 800 spesimen, RSUD Ansari Saleh 279 spesimen, Balitbangkes Tanah Bumbu 250 spesimen, RS Bhayangkara 150 spesimen,” terang Yani.

Yani pun berharap dapat menemukan sedikitnya lima ribu kasus tersembunyi, sehingga ketepatan menentukan sasaran menjadi hal yang sangat penting guna memutus rantai penularan Covid-19 di Banua.

“Dari jumlah sasaran yang melakukan swab masif, kami menargetkan lima puluh persen kasus positif atau konfirmasi. Artinya, pemilihan harus tepat sasaran,” kata Yani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih