Pembangunan Jalan Rantau – Muara Kemuning di Targetkan Rampung Juli 2020

Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kalsel, M Yasin Toyib keoada jurnalis media center di ruang kerjanya, Banjarbaru Rabu (10/6/2020). MC Kalsel/tgh

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalsel menargetkan pembangunan ruas jalan Rantau-Kemuning kabupaten Tapin selesai pada bulan Juli 2020 mendatang. Proyek ini berjalan sebagai salah satu langkah dalam melakukan perbaikan terhadap infrastruktur daerah, terutama dalam rehabilitasi atau peningkatan akses jalan untuk mempermudah aktivitas masyarakat.

“Ditargetkan akan selesai bulan Juli dengan waktu pelaksanaan 120 hari kerja,” ucap Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel melalui Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kalsel, M Yasin Toyib keoada jurnalis media center di ruang kerjanya, Banjarbaru, Rabu (10/6/2020).

Menurut Toyib, proyek tersebut sudah dimulai dari bulan Mei lalu dan PUPR Kalsel telah menargetkan progres akan ditingkatkan pada bulan ini. Total panjang jalan Rantau-Kemuning adalah 17,55 km, target pekerjaan sepanjang 3 Km dengan lebar jalan 6 m ini diharapkan dapat selesai tepat waktu. “Ini sudah memasuki tahap pengaspalan,” katanya.

Selain itu, proyek pembangunan jalan Rantau-Kemuning ini menelan anggaran APBD sekitar 2,3 Miliar. Berhubung ditengah covid-19 maka anggaran dipotong 50 persen.

Untuk mengatasi hal tersebut pihak Dinas PUPR memberikan pilihan kepada kontraktor dalam pengerjaan jalan Rantau-Remuning selesai hanya 50 persen dibayar atau penundaan pembayaran setengahnya.

“Kami berikan pilihan Kerja 100 persen tapi dibayar 50 persen tahun ini dan 2021 sisanya akan dibayar atau mengerjakan 50 persen saja. Untung kontraktornya mau saja menalangi kekurangannya sambil menunggu tahun depan,” ungkapnya.

Lanjut Yasin mengungkapkan dalam pengerjaannya ditengah pandemi Covid-19 pihaknya juga melakukan protokol kesehatan guna menghindari tertularnya Covid-19.

“Kami tetap menerapkan protokol kesehatan bagi para pekerjanya sebelum dan sesudah seperti mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, pengecekan suhu tubuh dan rapid test,” bebernya.

Untuk diketahui proyek dibidang Cipta Karya yang sudah jalan selain Rantau-Kemuning adalah proyek Tanjung, bandara, Kiram dan sisanya masih tahap lelang. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan