Masker Aman Bagi Penderita Asma, Namun Harus Selektif

Staf medis pulmonologi RSUD Ulin Banjarmasin, dr Erna Kusuma Wardani memberikan keterangan terkait penggunaan masker bagi penderita asma, Banjarmasin, Selasa (2/6/2020). MC Kalsel/scw

Di masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, masker merupakan benda wajib yang harus dikenakan oleh semua orang, untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Dengan menggunakan masker, diyakini bisa membantu mencegah penyebaran Covid-19, yang salah satunya ditularkan melalui droplet (percikan yang dikeluarkan ketika batuk atau bersin).

Namun bagi pemilik penyakit asma, penggunaan masker dikhawatirkan dapat membuat penderita sulit untuk bernapas dan menimbulkan kecemasan karena perubahan pola pernapasan.

Menyikapi hal tersebut, staf medis pulmonologi RSUD Ulin Banjarmasin, dr Erna Kusuma Wardani menyarankan penderita asma untuk lebih selektif dalam memilih masker yang digunakan, karena ada beberapa bahan yang dapat menimbulkan alergi.

“Orang dengan asma atau masalah paru-paru lebih baik memilih bahan masker yang lembut untuk digunakan sehari-hari,” ujar Erna, Banjarmasin, Selasa (2/6/2020).

Dengan penggunaan masker, lanjut Erna, fungsi proteksi akan berjalan dengan baik, tidak terkecuali bagi penderita asma.

‚ÄúDengan masker sangat membantu penderita asma untuk lebih memproteksi diri dan sangat direkomendasikan,” kata Erna.

Bagi penderita asma akut, Erna menganjurkan untuk melakukan pencegahan dengan perilaku hidup bersih dan sehat serta disiplin menerapkan pola pengobatan yang sudah diberikan. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *