Sinergi antara Pemerintah Daerah dan DPRD dalam Membangun Daerah

Ketua DPRD Kalsel, Supian HK menyampaikan sambutan pada Musrenbang 2021, Banjarmasin, Selasa (28/4/2020). MC Kalsel/scw

Keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menjalankan pemerintahan tidak lepas dari peran strategis DPRD, sebaliknya keberhasilan DPRD dalam melaksanakan fungsi DPRD tidak lepas dari peran Pemerintah Daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Supian HK, saat mengikuti Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021, lewat video conference, Selasa (28/4/2020).

“Musrenbang ini merupakan salah satu prinsip yang harus dilakukan dalam penyelenggaraan otonomi daerah,” ujar Supian.

DPRD Kalsel tentunya siap mendukung upaya Pemrov Kalsel dalam mendorong investasi untuk transformasi ekonomi Kalsel sebagai Ibu Kota Negara (IKN), yang merupakan rencana pembangunan di tahun 2021 mendatang.

“Hal itu akan kami implementasikan melalui peran strategis DPRD. Kami (DPRD) memiliki perasn dalam menelaah pokok-pokok pikiran yang merupakan kajian permasalahan pembangunan daerah. Kami harap pokok-pokok pikiran tersebut dapat ditindaklanjuti demi terlaksananya aspirasi masyarakat Banua,” lanjut Supian.

Selanjutnya, menyikapi pandemi Covid-19 yang saat ini menimpa Kalsel, Supian berharap pemerintah dapat bersatu dalam melawan virus tersebut dan dapat mengatasi dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.

“Tugas kita bersama antara eksekutif untuk terus menganggarkan secara berkesinambungan, anggaran maupun kegiatan dalam penanganan khusus pandemi Covid-19 ini,” tukas Supian. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan