ULM Banjarmasin Terapkan UAS Dengan Sistem Daring Ditengah Covid-19

Dosen Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA ULM, Muhammad Itqan Mazdadi, Sabtu (25/4/2020). MC Kalsel/tgh

Pasifnya penyebaran pandemi Virus Corona (Covid-19) di Kalimantan Selatan membuat kegiatan belajar mengajar di lingkup Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dengan sistem daring diperpanjang hingga tanggal 9 Mei 2020.

Perpanjangan sistem pengajaran daring (online) tersebut telah tercantum dalam Surat Edaran Rektor ULM, Sutarto Hadi pada 11 April 2020. Tidak hanya itu dalam surat edaran tersebut juga diterangkan untuk pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) Genap tahun 2019/2020 yang dijadwalkan tanggal 11-20 Mei 2020 dilaksanakan dalam sistem online/daring yang mekanisme evaluasi hasil belajar diserahkan sepenuhnya kepada pengajar mata kuliah yang bersangkutan.

Menurut Dosen Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA ULM, Muhammad Itqan Mazdadi mengatakan untuk pelaksanaan UAS secara online setiap dosen menggunakan metode yang berbeda sesuai bidangnya.

“Jadi secara umum untuk daring di ULM sendiri sudah ada sistem e-learning yang merupakan sistem e-learning nya ULM sendiri. Jadi secara umum harusnya dimanfaatkan oleh dosen untuk melaksanakan perkuliahan hingga sampai melaksanakan UAS nya,” beber Itqan kepada media center, Sabtu (25/4/2020).

Dalam e-learning untuk fasilitasnya sudah lengkap, seperti membuat soal, pertanyaan, menjawab dan sebagainya, layaknya menggunakan computer based test.”Jadi soal-soal muncul lalu kemudian mahasiswa bisa menjawab dan seterusnya bisa di evaluasi melalui sistem itu sendiri,” jelas Itqan

Selain itu jika dosen dalam pelaksanaan UAS membutuhkan wawancara atau diskusi langsung maka dapat menggunakan video konferens dengan memanfaatkan aplikasi google hangout meet.

“Saat ini ULM bekerjasama dengan google dengan program google Suit, yang mana itu sudah diakomodir melalui akun google yang didapatkan setiap mahasiswa ULM dan dosen ULM sehingga bisa memanfaatkan hal itu,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan