Terkonfirmasi Positif di Kalsel Bertambah 14 Kasus, Sementara 4 Pasien Dinyatakan Sembuh

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Perceptan Penanganan Covid-19 Kalsel, Muslim, menyampaikan perkembangan terkini Covid-19, Banjarbaru, Sabtu (25/4/2020). Tim GTPP Covid-19 Kalsel

Dalam beberapa hari terakhir, terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Selatan terus bertambah. Seperti pada hari ini, tercatat ada penambahan 14 kasus baru yang berasal dari peningkatan PDP maupun hasil tracking dan tracing yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 se-Kalsel.

“Bertambahnya 14 kasus yang terkonfirmasi positif ini 2 dari PDP, kemudian ada sebanyak 12 yang dilakukan isolasi mandiri dan juga dikarantina khusus diantaranya 7 dari Batola, kemudian 2 dari Banjarmasin, 2 dari Kabupaten Banjar dan 1 dari Tanah Laut,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, Muslim, Banjarbaru, Sabtu (25/4/2020).

Namun, angka itu sedikit diimbagi dengan adanya 4 terkonfirmasi positif yang dinyatakan sembuh.

“Hari ini kasus yang sudah negatif dan dinyatakan sembuh karena 2 kali hasil swabnya menunjukkan negatif yaitu ada 4, diantaranya 1 yang dirawat di RSUD Ulin dari Banjarmasin (KS-Covid02/Ulin 11), 1 di RSUD Abdul Aziz dari Batola (KS-Covid22/AZ-3), kemudian 1 yang dirawat di RSUD Ansari Saleh juga dari Batola (KS-Covid41/MAS-9), dan 1 isolasi mandiri dari Kabupaten Banjar (KS-Covid29),” terang Muslim.

Jadi saat ini, total terkonfirmasi positif di Kalsel ada 146 kasus, 124 diantaranya sedang dalam perawatan, 15 sembuh dan 7 meninggal dunia.

“Yang saat ini dirawat pasien yang terkonfirmasi positif ini ada 39 kasus dan isolasi mandiri sebanyak 85 kasus,” ucap Muslim.

Untuk pasien yang dirawat, tersebar di sejumlah rumah sakit yakni di RSUD Ulin 21 kasus, RSUD Ansari Saleh 4 kasus, RSUD Abdul Aziz 1 kasus, RSUD Boejasin 1 kasus, RSUD Idaman 3 kasus, RSUD Damanhuri 3 kasus, RSUD Badaruddin 2 kasus, RS Bhayangkara 3 kasus dan RSUD Hasan Basry 1 kasus.

Sementara untuk PDP hari ini berjumlah 12 pasien. Dibandingkan data kemarin, ada 2 PDP dikonfirmasi positif Covid-19, 4 PDP negatif Covid-19 dan ada tambahan 6 PDP baru.

“PDP yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan PCR sebanyak 2, dari RSUD Ulin dan RSUD Ansari Saleh, keduanya berasal dari Kabupaten Banjar. Kemudian PDP yang hasil PCR nya negatif ada 4 yaitu dari Banjarmasin 1, Tanah Bumbu 2 dan Batola 1 dan terjadi penambahan PDP sebanyak 6, yaitu 4 dari Banjarmasin dan 2 dari HSS,” terang Muslim.

Saat ini, PDP tersebut dirawat RSUD Ulin sebanyak 4 pasien, RSUD Hasan Basry sebanyak 5 pasien, RSUD Sultan Suriansyah sebanyak 2 pasien dan 1 isolasi mandiri di Balangan.

Sementara untuk rapid test, Muslim mengatakan masih belum menerima laporan penggunaan menyeluruh dari kabupaten/kota. Dari 4.000 alat yang dibagikan, pihaknya baru menerima 2.388 laporan hasil tes.

“Kabupaten/kota sudah mendapatkan rapid test yang cukup lumayan banyak, bahkan sudah lebih 4.000 yang kita sebar, namun saat ini efektivitasnya masih belum bagus. Dan ini mungkin masih melakukan upaya identifikasi hasil tracing. Saat ini ada 2.388 yang sudah dilaporkan dan yang reaktif diantaranya 298 atau 12,47 persen,” tukas Muslim. Tim GTPP Covid-19 Kalsel/MC Kalsel/AY

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan