Mudahkan Akses Informasi, Pemko Banjarmasin Luncurkan Website Corona

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina saat mencoba website corona.banjarmasinkota.go.id usai melakukan konferensi pers bersama awak media di Balai Kota Banjarmasin, Selasa (7/4/2020). MC Kalsel/Jml

Guna memudahkan akses informasi terkait perkembangan dan penanganan Covid-19 (Corona) di Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarmasin meluncurkan sebuah website untuk melacak Covid-19 di kota Seribu Sungai.

Aplikasi tersebut diluncurkan secara resmi oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, pada  konferensi pers terkait perkembangan Covid-19 di Banjarmasin, Selasa (7/4/2020).

Ibnu menjelaskan website beralamat corona.banjarmasinkota.go.id  tersebut dibuat oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin dan dapat diakses secara real-time dan serta diperbaharui secara periodik oleh Diskominfotik Banjarmasin.

Melalui website itu, lanjut Ibnu, Pemko Banjarmasin ingin memberikan informasi terkait langkah apa saja yang telah dilakukan dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19.

“Tujuannya jelas, agar informasi yang diberikan melalui website ini bisa diakses secara langsung oleh siapa saja. Bahkan data yang ditampilkan itu secara komprehensif dari tingkat Kelurahan, rencananya juga bakal dikembangkan sampai ketingkat RT,” kata Ibnu.

Tidak hanya itu,melalui website tersebut masyarakat Banjarmasin juga dapat mengetahui jumlah atau data terkini terkait dengan  Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), pasien positif, sembuh, dan meninggal yang ditampilkan secara real-time.

“Yang paling penting juga tersedia informasi terkait dengan pencegahan, kemudian juga ada protokol penanganan dan juga informasi tentang tugas-tugas pada masing-masing Kelurahan di Banjarmasin. Kemudian juga ada SOP (Standar Operasional Prosedur) penanganan Covid-19 serta call center yang terhubung dengan aplikasi whatsapp,” tutur Ibnu.

Selain itu, website tersebut juga menyediakan formulir kuesioner sebagai alat pelaporan dan pemantauan mandiri bagi masyarakat kota Banjarmasin.

“Warga bisa melaporkan dirinya secara mandiri dalam aplikasi tersebut, bahkan warga juga bisa membantu tetangganya untuk melaporkan jika ada permintaan dari orang yang bersangkutan,” pungkas Ibnu. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih