Jumlah Positif Covid-19 di Kalsel Bertambah Empat Orang

Juru Bicara Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel, Muslim menyampaikan perkembangan terkini Covid-19, Banjarbaru, Senin (30/3/2020). Tim P3 Covid-19 Kalsel

Empat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kalimantan Selatan dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan informasi pada pukul 17.00 WITA, yang disampaikan Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan.

“Yang terkonfirmasi positif yang lama Ulin-1 kondisi semakin membaik, kemudian ada peningkatan dari ODP menjadi PDP kemudian saat ini juga terkonfirmasi positif yaitu Ulin-9, yang ketiga Ulin-10, yang berikutnya juga yang terkonfirmasi positif Ulin-11, dan yang terakhir yang kelima Ulin-13,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel, Muslim, Banjarbaru, Senin (30/3/2020).

Secara keseluruhan, saat ini ada 12 pasien yang dirawat di RSUD Ulin dengan status 7 PDP dan 5 terkonfirmasi positif.

“Saat ini yang dirawat di RSUD Ulin berjumlah 12 pasien dengan rincian Banjarmasin 3 PDP dan 2 konfirmasi positif, termasuk yang pertama konfirmasi, kemudian Banjarbaru 2 PDP, Kabupaten Banjar 1 PDP dan 2 terkonfirmasi positif, Hulu Sungai Selatan 1 PDP dan Tabalong 1 terkonfirmasi positif,” terang Muslim.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kalsel berjumlah 1.162 orang, yang artinya bertambah 19 orang jika dibandingkan angka kemarin yang berjumlah 1.143 orang.

Di kesempatan tersebut juga diinformasikan bahwa PDP yang meninggal dunia pada pagi hari kemarin bukan terpapar Covid-19, karena hasil laboratorium menunjukan negatif.

“PDP yang kemarin meninggal pada tanggal 29 Maret 2020 yaitu Ulin-12, hasil laboratoriumnya menunjukan hasil laboratorium yang negatif,” ujar Muslim.

Untuk antisipasi penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas seperti karantina wilayah, saat ini tim gugus tugas masih dalam proses perumusan dan nantinya kebijakan akan diserahkan ke Kepala Daerah.

Selain itu, untuk rapid test yang sudah dilakukan di sejumlah tempat sesuai kriteria yang ditentukan, sebagian diantaranya sudah menunjukan hasil.

“Ada beberapa yang sudah kita lakukan, diantaranya kelompok-kelompok yang dikarantinakan dalam satu kelompok, ada 15 yang diambil dan hasilnya semuanya non-reaktif,” ujar Muslim.

“Kita juga masih menunggu laporan teman-teman di 13 kabupaten/kota untuk melakukan pelaporan kepada ODP dengan gejala klinis, kemudian PDP dan orang-orang yang kontak erat dengan kasus positif. Kami saat ini menunggu hasil laporan rapid test yang juga dilaksanakan di 13 kabupaten/kota,” tambah Muslim

Kemudian, Muslim kembali mengimbau agar masyarakat Kalsel selalu mentaati imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak dan melakukan isolasi mandiri. Tim P3 Covid-19/MC Kalsel/AY

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan