Lurah Gadang Imbau Masyarakat Disiplin Gunakan Masker

Lurah Gadang Kecamatan Banjarmasin Tengah, Askar saat memberikan keterangan terkait pencegahan Covid-19 di wilayahnya, Jumat (22/5/2020). MC Kalsel/Ar

Kelurahan Gadang sempat menjadi salah satu dari sedikit wilayah yang tidak terpapar Covid-19 di Banjarmasin. Hal itu tidak lepas dari kesiapan wilayah tersebut sejak awal pandemi Covid-19 melanda Kota Seribu Sungai.

“Sejauh itu, kami sudah melakukan tindakan maksimal dengan memberikan sosialisasi baik di tempat umum dan pasar untuk melakukan pencegahan Covid-19 ini dan kami minta dukungan kepada aparat terutama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Linmas yang ada di Kelurahan Gadang untuk mendukung upaya pencegahan Covid-19 karena masyarakat bila tidak didampingi aparat susah ditegur,” kata Lurah Gadang Kecamatan Banjarmasin Tengah, Askar, Banjarmasin, Jumat (22/5/2020).

Ketika dilakukan evaluasi, Askar menilai kesadaran warga cukup bagus. Dia pun mengaku tak segan-segan menegur warga apabila tidak menggunakan masker saat bepergian keluar rumah.

Selain itu, Askar juga meminta kepada Puskesmas setempat untuk bersama-sama memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada warga untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Tidak hanya itu, Kelurahan Gadang juga telah memanfaatkan posko pemadam kebakaran untuk difungsikan sebagai posko relawan Covid-19 di wilayahnya.

“Kami juga menyiapkan 2 posko relawan yang siap membantu warga yang terpapar Covid-19,” lanjut Askar.

Setelah berbagai upaya dilakukan, Askar mengakui bahwa ada warganya yang tidak dapat terhindar dari paparan virus tersebut. Saat ini 1 warga dinyatakan positif Covid-19, ditambah 1 warga berstatus reaktif dan masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan.

Namun, dikatakan Askar pihaknya telah meminta keluarga yang bersangkutan untuk mengisolasi diri dan untuk warga sekitar diminta untuk peduli.

“Dari 1 yang positif Covid-19 sudah dirawat di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, namun demikian sudah diupayakan untuk mengisolasi diri bagi keluarga yang bersangkutan atau dalam satu keluarga, dan masyarakat di lingkungan sekitar sudah diberikan imbauan untuk peduli kepada mereka yang terpapar Covid-19 serta pemerintah daerah melalui BPBD Kota Banjarmasin sudah memberikan bantuan sembako kepada mereka dalam rangka mendukung isolasi diri,” ujar Askar.

Sementara itu, Askar juga mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari Wali Kota dan Camat terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid III yang diberlakukan Pemko Banjarmasin mulai hari ini. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan