Kalsel Gaungkan Aksi Kebersihan Lingkungan Dengan Libatkan Ratusan ASN

Jajaran ASN lakukan aksi bersih-bersih sampah di Ruang Terbuka Hijau Demang Lehman, Kabupaten Banjar Rabu (26/2/2020). MC Kalsel/tgh

Menghadapi persiapan haul akbar Guru Sekumpul ke-15 Gubernur Kalsel menghimbau jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan aksi bersih-bersih sampah di Ruang Terbuka Hijau Demang Lehman, Kabupaten Banjar Rabu (26/2/2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana menyampaikan, ada tiga titik utama pelaksanaan aksi bersih-bersih yaitu RTH Demang Leman Martapura, Simpang Empat Banjarbaru dan kawasan sekitar Makam Syekh M.Arsyad Al-Banjar.

“Rencana awal kita siapkan tiga titik. Tapi setelah kita lihat lokasi ini, rasanya kami kelebihan energi. Jadi kita perintahkan untuk geser ke arah pulang atau arah lain,” terangnya.

Aksi bersih-bersih ini menurutnya sebagai bentuk wujud penghormatan kepada para tamu haul yang akan datang dari berbagai wilayah luar Kalsel hingga Mancanegara. Apalagi, momentum ini berdekatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari lalu.

“Kami wajib memberikan penghormatan kepada tamu-tamu jamaah Guru Sekumpul, karena itu abah kami juga. Ini juga merepresentasikan bahwa Kalimantan Selatan itu bersih,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan kegiatan bersih-bersih ini melibatkan seluruh SKPD di Banjarbaru. Karena ini himbauan langsung oleh Gubernur agar mengirimkan minimal 25 orang di masing-masing instansi. Aksi bersih-bersih ini juga untuk menggerakkan seluruh jajaran Kabupaten/Kota lainnya untuk menggalakkan kebiasaan hidup bersih dan sehat.

“Mari kita tanamkan secara terus menerus, kita resonansi, kita ulang-ulang, kita gaungkan kembali. Sehingga ini akhirnya menjadi kebiasaan kita. Menjadi kebutuhan untuk bergaya hidup bersih menjaga lingkungan,” harapnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan