Standar Daging Sapi yang Sehat untuk Konsumsi

Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Edi Santoso saat ditemui tim media center di kantor setempat, Selasa (14/1/2020). MC Kaslel/scw

Daging sapi adalah salah satu sumber makanan bergizi tinggi. Akan tetapi, daging mudah ditumbuhi bakteri atau jamur sehingga sangat gampang busuk.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Perkebunan dan Pertenakan Kalsel melalui Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Edi Santoso, saat ditemui tim media center di kantor setempat, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, Daging hewan yang sehat itu diantaranya jika segar, tidak mengandung banyak air dan tidak berbau. Kemudian tekstur dagingnya kenyal sehingga jika ditekan mudah kembali.

“Hewan yang disembelih harus memenuhi standar kualitas, karena daging hewan konsumsi harus memenuhi standar halal sehingga cara penyembelihannya juga harus dilakukan secara benar,” ujarnya.

Oleh karenanya rumah potong hewan memiliki peran strategis menjaga kualitas daging yang disembelih sebelum dijual ke pasaran. Hewan yang disembelih harus mencakup standar sesuai pola aman sehat utuh halal atau ASUH.

“Aman tidak mengandung bahan berbahaya, sehat mengandung nutrisi, utuh tidak tercampur dengan bahan lain dan halal disembelih dan ditangani sesuai syariat Islam,” tutupnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *