Sinergi 4 Pilar Relawan Sosial Pecahkan Rekor MURI

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Provinsi Kalsel, Ahmadi saat diwawancarai pada acara Pemecahan Rekor MURI, Banjarbaru, Jum’at (20/12/2019). MC Kalsel/tgh

Selesai sudah kerja keras para relawan sosial yang terlibat pada kegiatan rangkaian Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 di Kalsel yang telah menorehkan dua rekor MURI sekaligus di Kebun Raya Banua, Banjarbaru, Jum’at (20/12/2019).

“Alhamdulillah ini berkat kerja keras dan perjuangan teman-teman komponen 4 pilar relawan sosial,” ujar Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Provinsi Kalsel, Ahmadi kepada Media Center di sela kegiatan Pemecahan Rekor MURI.

Oleh karena itu Menurutnya, 4 pilar relawan sosial tersebut terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kampung Siaga Bencana, Pelopor Perdamaian dan Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (PKH).

Sedikitnya 1500 relawan sosial yang berasal dari Kalsel, Kalteng, Kaltim, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Yogyakarta melibatkan waktu serta tenaga mereka untuk gelaran ini. “Bersama-sama mereka menciptakan dua rekor Muri sekaligus,” bebernya.

Adapun dua rekor tersebut adalah Sosialisasi Kebencanaan ke Sekolah terbanyak dan Penyiapan paket makanan siap saji terbanyak dalam waktu 120 menit (2 jam). Penghargaan ini diberikan kepada Dinas Sosial Kalsel dan Tagana Kalsel.

“Ini adalah bukti bahwa kita juga bisa menggerakkan motivasi dan konsolidasi teman-teman 4 pilar khususnya relawan sosial,” ungkapnya.

Suasana penyiapan makanan bagi masyarakat dalam rangka pemecahan rekor muri di Kebun Raya Banua, Banjarbaru, Jum’at (20/12/2019). MC Kalsel/tgh

Dalam acara tersebut, terang Ahmadi, para relawan juga menyediakan dapur umum yang berasal dari 13 Kabupaten/Kota menyiapkan masing-masing sekitar seribu paket makanan. “Untuk rekor muri dilaksanakan dari jam 6 – 9 pagi, 15 ribu paket siap saji didukung dengan peralatan dapur umum lapangan,”.

Tercipta rekor muri tentunya membawa kebanggaan jajaran relawan sosial yang berada dibawah binaan kementerian sosial RI dan dinas sosial Kalsel.

Disisi lain, Menteri Sosial RI yang diwakilkan oleh Kasubdit Tanggap Darurat, Iyan Kusmadiana mengharapkan momen HKSN ini dapat memperkuat sinergitas bersama. “Ke depan kami berharap, apabila ada permasalahan sosial bisa diselesaikan bersama-sama. Bukan hanya Tagana saja, tetapi ada pendamping PKH, PSM dan lainnya,” ucapnya.

“Perjuangan ini dan kerja keras yang ditunjukkan oleh relawan HKSN 2019 ini kata dia, dapat menjadi contoh bagi Nasional dalam membina sinergitas antar relawan,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan