Peran Kadin dalam Pembangunan Nasional

Ketua Harian Kadin Kalimantan Selatan , Wijaya Kusuma Prawira Karsa melantik 31 Dewan Pengurus Lengkap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Banjarbaru Masa Bhakti 2019-2024 , Banjarbaru, Selasa (19/11/2019). MC Kalsel/scw

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Banjarbaru menggelar Musyawarah Kota (Muskot) ke-IV dan Pelantikan Dewan Pengurus Lengkap Masa Bhakti 2019-2024 dengan mengangkat tema “Kadin Kota Banjarbaru Mitra Pemerintah Untuk Meningkatkan Iklim Dunia Usaha yang Sehat dan Kondusif dengan Pelayanan Profesional di Era Revolusi 4.0”, Banjarbaru, Selasa (19/11/2019).

Kegiatan dimulai dengan pelantikan Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan dan Dewan Kadin Kota Banjarbaru Masa Bakti 2019-2024 oleh Ketua Caretaker Kadin Kota Banjarbaru sekaligus Ketua Harian Kadin Kalimantan Selatan, Wijaya Kusuma Prawira Karsa.

Wijaya mengatakan Kadin merupakan wadah komunikasi dan konsultasi antar pengusaha Indonesia dan antara pengusaha Indonesia dengan pemerintah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan, industri, dan jasa.

“Ini merupakan induk organisasi dari organisasi perusahaan dan organisasi pengusaha yang berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam bidang perekenomian,” ujarnya.

Menurutnya, kadin bertujuan membina dan mengembangkan kemampuan pengusaha Indonesia di bidang usaha negara, usaha koperasi, dan usaha swasta dalam kedudukannya sebagai pelaku ekonomi nasional, dalam rangka mewujudkan kehidupan ekonomi dan dunia usaha yang sehat dan tertib.

“Kadin bertujuan menciptakan dan mengembangkan iklim dunia usaha yang memungkinkan keikutsertaan yang seluas-luasnya bagi pengusaha Indonesia sehingga dapat berperan serta secara efektif dalam pembangunan nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarbaru, Rahmah Khairita mengatakan keberadaan Kadin memiliki peran sangat strategis dalam menumbuhkan iklim usaha yang kondusif dan pembinaan wirausaha .

“Untuk itu regenerasi Dewan Pengurus baru diharapkan semakin merekatkan kebersamaan seluruh anggota, sehingga tercipta sinergi dan persaingan yang sehat. Kondisi demikian tentu sangat kondusif bagi percepatan pembangunan di daerah kota ini,” katanya.

Rahmah juga berharap kepada Dewan Pengurus Kadin Kota Banjarbaru yang baru, agar turut membina UMKM yang ada di Banjarbaru, untuk berkembang bersama.

“Untuk itu, pemerintah Kota Banjarbaru melalui seluruh satuan kerja perangkat daerah terkait, akan mendukung sepenuhnya bagi mereka yang memiliki ide-ide cemerlang, kreatif, inovatif, mandiri dalam berusaha dan mampu mengembangkan diri secara profesional di bidang masing-masing,” tutupnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *