Koordinasi Marshal Pada Event Uncle Hard Enduro 2019

Sebanyak 74 petugas balap Uncle Hard Enduro 2019 menyimak arahan terkait aturan dan penugasan yang diberikan di Kiram Park Kabupaten Banjar, Sabtu (17/11/2019). Mc Kalsel / Fuz

Banjar, Persiapan Uncle Hard Enduro 2019 terus berjalan, tahapan selanjutnya yakni koordinasi bersama petugas balap (marshal). Marshal punya fungsi tersendiri untuk kesuksesan event olahraga balap motor ekstrem bertaraf internasional tersebut di Kiram Park, Minggu sore (17/11/2019) .

Seksi Keamanan sekaligus Koordinator Marshal, Sugeng Riyadi menjelaskan terkait keterlibatan marshal di event bertaraf internasional di Indonesia ini.

“Hari ini kami mengumpulkan 74 teman-teman dari komunitas motor trail dari seluruh kabupaten kota di Kalsel, ditambah satu komunitas dari Kaltim untuk diajak kerja sama dan bantuannya sebagai petugas balap,” tutur Sugeng yang juga sebagai Dirkrimum Polda Kalsel.

Selanjutnya pembagian penugasan kepada 74 orang tersebut nantinya akan ditugaskan 60 orang dan ditempatkan di jalur. Sedangkan sisanya akan dijadikan cadangan sebagai antisipasi jika ada yang berhalangan atau mungkin sakit.

Sugeng juga menambahkan bahwa event ini merupakan kegiatan balap motor ekstrem skala internasional yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia, sehingga pemahaman dan pembekalan kepada marshal harus terus dilakukan koordinasi.

“Mereka baru kali ini menjadi Marshal, jadi ini perlu ada sosialisasi, ada pengarahan supaya mereka bekerja dengan baik sehingga nantinya mereka menguasai terhadap tugas-tugasnya,” tambah Sugeng yang juga ditugaskan sebagai Keamanan di Uncle Hard Enduro ini.

Selanjutnya untuk pengarahan tugas, fungs serta aturan, Endiatmo Widagdo selaku Time Trex Uncle Hard Enduro menjelaskan beberapa poin kepada Marshal.

Endi menjelaskan secara detil terkait kostum kepada Marshal agar tidak menggunakan sendal melainkan sepatu, menggunakan celana panjang bebas, untuk baju nantinya akan dibagikan kaos seragam beserta rompi.
Termasuk merokok, kepada Marshal tidak diperbolehkan untuk merokok selama pelaksanan balapan. Begitupun memberikan pertolongan kepada pembalap, itu tidak sembarang menolong terkecuali jika itu kecelakaan.

“Tugas utama teman-teman Marshal adalah menunjukkan jalan yang benar kepada pembalap,” pesan pokok Endi sebagai catatan penting untuk diingat oleh para Marshal.

Endi juga menaruh harap agar teman-teman di Kalsel dapat menyatukan cita-cita dan angan-angan yang sama untuk membawa level balapan ini yang lebih tinggi, jangan sampai hal-hal kecil seperti buang sampah dan merokok itu dapat memberikan pencitraan yang buruk kepada pembalap, jangan sampai kita dianggap tidak serius. Mc Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih