Sekolah Adiwiyata di Banjarmasin Dukung Gerakan Pilah Sampah dari Sumber

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina berfoto bersama dengan para guru usai Launching Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Sumbernya di GOR Ukhuwah 2, Banjarmasin, Kamis (7/11/2019). MC Kalsel/scw

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menghadiri peluncuran Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Sumbernya di GOR Ukhuwah 2, Banjarmasin, Kamis (7/11/2019).

Gerakan tersebut didukung oleh 117 Sekolah Adiwiyata di Banjarmasin, yang mana menurut Ibnu pihaknya akan terus meningkatkan angka tersebut.

“Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Sekolah Adiwiyata berjumlah 117 sekolah (31%) dengan rincian 86 Sekolah Adiwiyata Kota, 18 Sekolah Adiwiyata Provinsi, 9 Sekolah Adiwiyata Nasional dan 4 Sekolah Adiwiyata Mandiri , jumlah ini akan terus kita tingkatkan,” paparnya.

Kegiatan tersebut menurut Ibnu, merupakan upaya pengurangan sampah di sumber dan perbaikan sistem pengumpulan sampah serta pengangkutan sampah secara terpilah, sehingga segala jenis sampah dapat diolah sebagaimana mestinya.

Lebih lanjut Ibnu menjelaskan, tujuan gerakan tersebut agar dapat mendorong, memfasilitasi dan menggerakkan seluruh komponen masyarakat untuk membangun budaya memilah sampah dari rumah, kantor, sekolah, pasar rakyat dan pasar modern, hotel, rumah makan, cafe, pusat perbelanjaan, pusat perniagaan, fasilitas publik, dan sumber-sumber sampah lainnya untuk memudahkan pengolahan sampah selanjutnya.

“Untuk itu membangun serta memperbaiki sistem pengumpulan dan pengangkutan sampah secara terpilah di tengah masyarakat, meningkatkan angka daur ulang sebagai bahan baku, angka komposting, dan angka sampah menjadi sumber energi,” ujar Ibnu.

Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah konkret seperti peningkatan pemahaman kepedulian publik melalui kampanye, edukasi dan informasi kepada masyarakat untuk memilah sampah mulai dari sumbernya, menyalurkan sampah layak daur ulang ke bank sampah atau melalui sedekah sampah dan TPS3R/PDU terdekat serta daur ulang sampah organik menjadi kompos.

Di kesempatan tersebut Ibnu juga mengungkapkan, tahun 2019 Kota Banjarmasin telah mencapai target pengurangan sampah sebesar 21,72% dan penanganan sampah sebesar 72,67%.

Ibnu berharap, Gerakan Pilah Sampah dari Sumber dapat dilaksanakan sehingga terwujud Kota Banjarmasin yang bersih dan nyaman.

“Saya berharap melalui Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Sumbernya ini mari bersama kita saling bersinergi mewujudkan Kota Banjarmasin yang barasih wan nyaman,” tutup Ibnu.

Kegiatan kemudian dirangkai dengan penandatanganan kampanye Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Sumbernya yang dimulai oleh Ibnu Sina selaku Wali Kota Banjarmasin dan dilanjutkan oleh para guru. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *