Desa Tiwingan Bersaing dengan Sembilan Desa di Lomba Dewa Wisata

Objek wisata Matang Keladan yang ada di Desa Tiwingan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. MC Kalsel/ist

Desa Tiwingan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalsel masuk dalam 10 besar nominasi Lomba Desa Wisata Nusantara untuk kategori Desa Wisata Berkembang.

Penilaian dilakukan oleh tim verifikasi Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) pada tanggal 7 sampai 26 Oktober 2019.

Dikutip dari laman ditjenppmd.kemendesa.go.id, Pembakal Desa Tiwingan, Arbani mengatakan Desa Tiwingan Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar akan bersaing dengan sembilan desa lainnya untuk kategori berkembang yakni Desa Kembang Kuning Kabupaten Lombok Timur, Desa Tebara Kabupaten Sumba Barat, Desa Dadapan Kabupaten Pacitan, Desa Tenilo Kabupaten Boalemo, Desa Apar Kota Pariaman, Desa Pendung Kabupaten Kerinci, Desa Sukaratu Kabupaten Garut, Desa Tanalun Kabupaten Purbalingga, dan Desa Jatimulyo Kabupaten Kulonprogo,” terangnya.

Selanjutnya, Arbani mengungkapkan penilaian akhir untuk menentukan juara Lomba Desa Wisata untuk kategori Desa Wisata Maju dan Desa Wisata Berkembang akan dilaksanakan pada Selasa (19/11/2019) mendatang di Ditjen PPMD.

Ia mohon dukungan penuh dari masyarakat banua, dan juga Pemprov Kalsel serta Kabupaten Banjar agar Desa Tiwingan mampu meraih juara pertama lomba desa tersebut.

“Hal ini karena prestasi tersebut, otomatis Bukit Matang Kaladan Desa Tiwingan Lama Kec Aranio Kab Banjar Kalsel menjadi incaran pilihan wisatawan domestik dan mancanegara,” ungkapnya

Arbani berharap dengan mengikuti lomba tersebut bisa memperkenalkan wisata Kalsel yang akan berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat.

“Kunjungan wisata meningkat otomatis perekonomian di sekitar akan meningkat juga dan masyarakat akan sejahtera,” tutupnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *