PSTW Budi Sejahtera Jalani Visitasi Akreditasi Kelayakan

Tim Penilai BALKS Kementerian Sosial RI, Tuti Kartika berfoto bersama dengan jajaran PSTW Budi Sejahtera Kalsel usai melakukan visitasi akreditasi di Aula PSTW Budi Sejahtera Kalsel, Banjarbaru, Jum’at (1/11/2019). MC Kalsel/Jml

Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (BALKS) Kementerian Sosial RI melakukan visitasi akreditasi ke Panti Sosial Tresna Wherda (PSTW) Budi Sejahtera Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Jum’at (1/11/2019).

Tim Penilai BALKS Kementerian Sosial RI, Tuti Kartika menjelaskan tujuan dari visitasi akreditasi tersebut untuk melihat tingkat kelayakan pelayanan PSTW Budi Sejahtera terhadap standar pelayanan minimal.

“Ada enam aspek yang akan dinilai, yakni program pelayanan, proses pelayanan, sumber daya manusia, manajemen organisasi, sarana prasarana, dan hasil pelayanan,” kata Tuti.

Ditambahkannya, salah satu keberhasilan suatu lembaga kesejahteraan sosial dilihat dari sedikitnya klien yang ditampung pada lembaga tersebut.

“Semakin sedikitnya lansia yang masuk ke panti merupakan keberhasilan dari panti tersebut, ini juga bisa membuktikan bahwa rasa sayang dan kemanusiaan di Kalsel bisa dibilang bagus,” bebernya.

Sementara itu Kepala Panti Sosial Tresna Wherda Budi Sejahtera, Surya Fujianoorohim mengakui bahwa visitasi tersebut merupakan yang pertama bagi PSTW Budi Sejahtera Kalsel.

“Kami memiliki lima UPT yang tersebar di Kalsel dan masih belum terakreditasi, ini merupakan visitasi akreditasi pertama semoga hasilnya baik,” ucapnya.

Lebih jauh Surya mengatakan sepanjang tahun 2019 ini PSTW Budi Sejahtera berhasil mengembalikan dua klien kepada keluarga mereka.

“Iya ada dua orang yang sudah kami kembalikan kepada keluarga mereka, kami juga sudah memberikan pencerahan kepada pihak keluarga agar mereka mau menghargai dan merawat keluarga mereka,” jelasnya.

Surya juga menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya maksimal dalam memenuhi kriteria visitasi akreditasi ini seperti menyiapkan dokumen, kebersihan, fasilitas, dan lainnya.

“Dengan adanya akreditasi ini menjadi motivasi bagi jajaran PSTW Budi Sejahtera agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kedepannya,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *