Konsumsi Ikan Untuk Tingkatkan Kecerdasan


Wakil Ketua III Hardiyanti Aripin (kiri) menyerahkan penghargaan lomba masak ikan kepada pemenang pada acara Lomba Masak Ikan Ke 17 Tingkat Provinsi Tahun 2019, di Aula Kampus II BPSDM Banjarbaru, Rabu (7/8/2019). MC Kalsel/scw

Dalam rangka menyukseskan program gemar makan ikan serta untuk menambah ragam menu olahan ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalsel melaksanakan Lomba Masak Ikan Ke-17 Tingkat Provinsi Tahun 2019, di Aula Kampus II BPSDM Banjarbaru, Rabu (7/8/2019).

Kegiatan yang mengusung tema “Ragam Menu Masakan Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak” tersebut diikuti oleh seluruh TP PKK Kabupaten/Kota serta dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kalsel yang diwakili oleh Wakil Ketua III, Hardiyanti Aripin.

“Melalui momentum ini, ibu rumah tangga diharapkan bisa menambah wawasan tentang cara berkreasi dengan ikan hingga mampu memberi suasana baru atas sajian menu untuk keluarga”, ujar Hardiyanti Aripin.

“Selain ikan banyak mengandung protein yang sangat baik untuk kesehatan, ikan juga merupakan kekayaan alam yang yang perlu kita jaga bersama keberadaannya” lanjutnya.

Untuk itu lanjutnya, semua pihak termasuk PKK merupakan agen yang berperan mendorong masyarakat agar mengkonsumsi ikan lebih banyak dalam kehidupan sehari-hari.

Ikan mengandung gizi yang banyak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan IQ anak. Melalui gerakan memasyarakatkan gemar makan ikan, Hardiyanti Aripin mengajak agar masyarakat untuk selalu makan ikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Syaiful Azhari menyampaikan lomba ini merupakan kolaborasi antara Dinas Kelautan dan Perikanan dengan TP PKK Prov Kalsel untuk menghasilkan inovasi baru menu makanan sehat dengan bahan dasar ikan.

Dalam kesempatan itu, Syaiful juga berterima kasih atas partisipasi dari seluruh TP PKK Kabupaten/Kota di Kalsel. Ia mengatakan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memasak ikan.

“Kami ingin memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan dasar ikan kepada masyarakat, berinovasi, meningkatkan konsumsi ikan serta memberdayakannya,” katanya

Untuk diketahui, nantinya yang berhasil meraih juara pertama di lomba ini, akan mewakili Provinsi Kalsel untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.

Dalam kegiatan ini turut hadir seluruh Ketua TP PKK se-Kalimantan Selatan dan Agus Sasirangan sebagai juri lomba. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan