FKG ULM Luluskan 13 Dokter Gigi Baru, Kalsel Masih Kekurangan 200 Dokter Gigi

Prosesi penandatanganan sumpah profesi Dokter Gigi oleh dua orang perwakilan Dokter Gigi Baru FKG ULM yang disaksikan Dekan FKG ULM, Rosihan Adhani. MC Kalsel/Jml

Sebanyak 13 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengikuti pengambilan sumpah Dokter Gigi, di Aula Teater FKG ULM, Banjarmasin, Rabu (26/6/2019).

Sebelum diambil sumpahnya ke-13 orang mahasiswa FKG ULM tersebut telah mengikuti praktek pendidikan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Hasan Aman.

Dekan FKG ULM, Rosihan Adhani mengatakan sejak tahun 2009 hingga saat ini FKG ULM telah meluluskan 114 Dokter Gigi.

“Mereka sudah bekerja diberbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, serta sebagai dosen” kata Rosihan.

Bahkan jelas Rosehan, sudah ada beberapa institusi kesehatan Kabupaten/Kota di Kalsel yang meminta Dokter Gigi lulusan FKG ULM untuk bekerja di daerahnya.

“Seperti Kabupaten Balangan yang meminta 2 orang Dokter Gigi untuk bekerja disana, dan juga Kabupaten Tabalong sebanyak 10 orang Dokter Gigi. Kami tidak membatasi mereka ingin bekerja dimana, namun 90 persen mereka di Kalsel” terangnya.

Ditambahkan Rosehan, jumlah dokter gigi di Kalsel saat ini masih sangat kurang dari rasio ideal yakni 11 dokter gigi per 100 ribu penduduk.

“Di Kalsel sendiri saat ini rasionya masih kurang yakni 6-7 Dokter Gigi per 100 ribu penduduk” tambahnya.

Jumlah Dokter Gigi di Kalsel saat ini, lanjutnya, sekitar 250 Dokter Gigi. Untuk mencapai rasio ideal tersebut Rosihan menerangkan Kalsel masih memerlukan 200 Dokter Gigi.

Sementara terkait kesadaran masyarakat Kalsel terhadap masalah kesehatan gigi dan mulut Dekan FKG ULM menerangkan sudah semakin meningkat.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 angka masalah kesehatan gigi di Kalsel sebesar 36,1 persen dan meningkat sebesar 60 persen pada tahun 2018.

“Ini merupakan tantangan, disatu sisi kita terus meningkatkan kompetensi SDM, disisi lain permasalahan juga meningkat”.

“Diharapkan lulusan FKG ULM ini dapat menyebar tidak menumpuk di kota-kota besar saja, sehingga kehadiran 13 Dokter Gigi baru ini mampu memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat di daerah terpencil di Kalsel” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan