Respon Positif Wacana Pemindahan Ibukota Negara


Presiden Jokowi ketika mengunjungi calon Ibu Kota baru di kawasan Segitiga, Kalteng, Ist

Rencana pindahnya Ibukota dari Jakarta ke luar pulau Jawa terus dibicarakan. Kalimantan dan Sulawesi disebut berpeluang besar menjadi kandidat Ibukota baru Indonesia. Mengenai wacana tersebut, saat ditemui di kantor DPRD Prov Kalsel, Selasa (14/5/2019) Wakil Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Prov Kalsel H Suripno Sumas mengatakan bahwa Pemprov harus betul-betul menyiapkan lahan.

“Kalau memang ingin menjadi Ibukota, maka Pemprov harus betul-betul serius mempersiapkan lahan, sesuai peruntukan serta persiapan, dan kesiapan itu bukan saja luasannya, tetapi aspek penunjang lainnya, yang tidak kalah penting pembebasan lahan jangan bermasalah,” ujar Suripno.

Mengenai rencana lokasi Ibukota tersebut, menurutnya wilayah Kalsel yang tepat ialah Kab. Tanah Laut, Kab. Tanah Bumbu, serta Kab. Kotabaru.

Demikian juga menurut Suwardi Sarlan, Ketua Komisi II Bidang Keuangan dan Ekonomi  tersebut mengatakan, salah satu cara dewan mendukung lokasi calon Ibukota adalah dengan politik.

“Daerah Batulicin dan Tanah Bumbu dipandang paling ideal, karena bisa jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)” ucapnya.

Wacana pemindahan Ibu Kota ini muncul pada jaman Presiden Soekarno, kemudian dipertimbangkan kembali oleh Presiden Jokowi dikarenakan untuk pemerataan ekonomi di luar Pulau Jawa serta mengurangi beban yang selama ini ditanggung oleh DKI Jakarta dan Pulau Jawa yaitu kemacetan yang luar biasa. Mc Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan