Sosialisasi Pemilih Pemula

Sosialisasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (14/3/2019). MC Kalsel/tgh

Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan mengajak 500 pelajar di Kota Banjarmasin ikut serta dalam Sosialisasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (14/3/2019).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan, Adi Santoso mengatakan 500 pelajar yang ikut sosialisasi ini sudah memenuhi syarat sebagai pemilih pemula.

“Dimana didalam ketentuan undang-undang pemilu berusia 17 tahun keatas. Dan mereka sudah memenuhi syarat untuk menjadi pemilih pemula,” kata Adi.

Adi menuturkan, dengan adanya sosialisasi ini bertujuan dalam rangka membantu pemerintah didalam mensosialisasikan pelaksanaan pemilu 2019 kepada pemilih juga dapat memberikan edukasi berupa pendidikan politik praktis kepada generasi milenial di Kalimantan Selatan.

“Partisipasi Pemilih pemula dalam pemilu masih rendah, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini mereka menjadi antusias ikut serta dalam pemilu serentak tahun ini,” ucap mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel ini.

Selain itu, Pemerintah pusat sudah mematok target tingkat partisipasi pemilih pemula sebesar 76 persen.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini, di Kalimantan Selatan bisa melampaui target Nasional, yakni diatas 76 persen,” pungkas Adi.

Sementara itu Dari data KPU secara nasional, pemilih pemula  ada sekitar 7 juta jiwa dari total pemilih yang mencapai 196,5 juta jiwa. Dan di Provinsi Kalimantan Selatan untuk pemilih pemulanya ada sekitar 100 ribu orang. Adapun Kesbangpol menghadirkan dua narasumber dalam Sosialisasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula ini, yakni Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, dan Pakar politik Dosen Fisip Universitas Lambung Mangkurat. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan