Pers Diminta Netral Pemilu 2019

Staf Ahli Gubernur bidang kemasyarakatan dan SDM, Faturahman menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Kalsel pada acara sosialisasi pemilu yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalsel di hotel Aria Barito Banjarmasin, Kamis (14/2/2019). MC Kalsel/tgh

Sebanyak 60 orang wartawan dari media cetak, eletronik dan online di provinsi Kalsel mengikuti sosialisasi pemilu yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalsel di hotel Aria Barito Banjarmasin, Kamis (14/2/2019).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, Adi Santoso, Ketua KPU Kalsel, Sarmuji, Komisioner Bawaslu Kalsel, Erna dan selaku moderatori Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi.

Gubernur Kalsel dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur bidang kemasyarakatan dan SDM, Faturahman, mengatakan, sosialisasi pemilu bagi wartawan ini sangat penting dan strategis, apalagi di era demokrasi yang makin terbuka dewasa ini. Dengan tema “Melalui sosialisasi dengan wartawan kita jalin koordinasi untuk sukses pemilu serentak tahun 2019”, menjadi sangat relevan dengan upaya semua pihak terkait untuk meraih sukses dalam penyenggaraan pemilu tahun ini.

Seperti diketahui, bahwa setiap pemilu adalah pesta demokrasi, dimana sebagai warga negara diwajibkan menggunakan hak pilih untuk memilih pemimpin berdasarkan hati nurani kita. “Marilah kita menjadi pemilih cerdas yang pada akhirnya dapat melahirkan pemimpin yang dapat memberikan solusi dari setiap permasalahan yang sedang dan akan dihadapi oleh Bangsa Indonesia,” ajaknya.

Ia berharap agar media tetap berkomitmen menjaga netralitas jurnalis dalam memberikan informasi dan berita kepada masyarakat. “Jangan sampai media kita terbelah dan saling menyerang. Marilah kita bangun demokrasi yang berdaulat dan bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat di Banua kita,” katanya.

Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, Adi Santoso memberikan keterangan kepada insan pers disela – sela acara sosialisasi pemilu yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalsel di hotel Aria Barito Banjarmasin, Kamis (14/2/2019). MC Kalsel/tgh

Lebih lanjut, saya mengajak rekan media agar menjadi pelopor dalam memberikan, menggunakan dan menerima informasi, baik di media cetak, media elektronik atau media sosial, terutama dalam memerangi penyebaran berita tidak benar atau hoax.

Dimana hoax merupakan usaha untuk menipu dan mengakali pembaca/pendengarnya supaya mempercayai sesuatu. Padahal sang pencipta berita palsu itu mengetahui bahwa berita itu palsu. Terlebih dengan akan diselenggarakannya Pemilu 2019 ini.

“Marilah kita bersama-sama untuk lebih berhati-hati dalam menerima pesan atau informasi yang beredar dalam media sosial,” ungkapnya.

Diharapkan media menjadi duta dalam menyajikan informasi-informasi yang akurat, terpercaya dan bisa menyejukkan bagi masyarakat Banua. Sehingga sukses pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2019 bisa terwujud seperti yang diharapkan bersama.

Dikesempatan yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, Adi Santoso mengatakan kegiatan ini bertujuan agar tersampainya kepada masyarakat terkait agenda nasional yang sangat penting pada 17 April 2019 mendatang yakni pemilu serentak.

Selain itu para wartawan, sasaran kegiatan sosialsasi yang diselenggarakan Kesbangpol ini juga akan mengajak ASN, para pemilih pemula serta kaum disabilitas.

“Kira – kiradengan program kegiatan yang masih sangat terbatas bersumber dari APBD Provinsi Kalsel ini paling tidak ini sudah membantu tersosialisasinya dengan baik pelaksanaan pemilu di Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Kalsel,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan