Pelindo Gelontorkan 2M Untuk 37 UMKM

CEO Pelindo III Cabang Banjarmasin Boy Robyanto dan Asisten II Bidang Pembangunan Setdako Banjarmasin Doyo Pudjadi, berphoto bersama dengan perwakilan penerima dana bantuan mitra binaan tahap I tahun 2019. MC Kalsel/rmd

PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Banjarmasin menyalurkan dana usaha bergulir melalui program bantuan dana kemitraan kepada 37 UMKM yang tersebar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Menurut CEO Pelindo III Cabang Banjarmasin, Boy Robyanto, bantuan tahap pertama tahun 2019 diberikan dana modal bergulir senilai Rp 2.060.000.000 kepada 37 UMKM.

“Jumlah bantuan yang diberikan kepada masing-masing UMKM bervariasi, tergantung kebutuhan maupun persetujuan dari Pelindo,” kata  Boy Robyanto di sela penyerahan modal usaha bergulir tahap I di Aula Kantor Pelindo III Cabang Banjarmasin Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Senin (7/1/2019).

CEO Pelindo III Cabang Banjarmaisn Boy Robyanto, saat memberikan sambutan pada penyerahan secara simbolis dana bantuan kepada mitra binaan tahap I tahun 2019. MC Kalsel/rmd

Ditambahkan Boy, syarat untuk menerima bantuan sangat mudah yakni dengan melampirkan proposal dan jenis usaha yang jelas, “Untuk bunganya sangat kecil sekali, hanya tiga persen setahun,” kata Boy.

Ia berharap bantuan modal usaha dimanfaatkan UMKM untuk mengembangkan usaha agar makin besar dan mendongkrak  penjualan dan omset usahanya. Selain itu, Boy mengingatkan UMKM mesti taat pembayaran, supaya program ini bisa terus berjalan dan dapat dimanfaatkan oleh UMKM lainnya yang juga berminat menjadi mitra binaan Pelindo.

“Kalau melalui modal usaha ini UMKM makin berkembang bisnisnya, maka kami sangat bahagia. Karena selain bisa mendorong ekonomi mikro di daerah makin berkembang, diharapkan juga dapat menyerap tenaga kerja di sektor informal,” tambahnya.

Boy Robyanto, CEO PT. Pelindo III Regional Kalimantan menyerahkan secara simbolis dana bantuan kepada mitra binaan tahap I tahun 2019. MC Kalsel/rmd

Di lain pihak lewat kemitraan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) III Banjarmasin, amplang milik Rini Wardani berhasil dipasarkan hingga ke ritel modern. Rini, menjadi salah satu contoh keberhasilan program pemberdayaan masyarakat perseroan tersebut.

“Alhamdulillah, setelah beberapa kali mendapatkan bantuan kemitraan Pelindo III usaha saya bisa lebih berkembang,” ujar pengusaha amplang asal Banjarbaru ini.

Rini mendapat bantuan kemitraan sebesar Rp75 juta, atau lebih besar dari tahun sebelumnya. Bantuan yang diberikan adalah pinjaman berupa sejumlah uang dengan angsuran yang sangat kecil.

“Kedepan saya ingin mengembangkan lagi usaha saya keluar daerah,”pungkasnya. MC Kalsel/rmd


Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan