Pariwisata Goes to Campus II Ciptakan Kader-Kader Pariwisata

Untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang pariwisata dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia pariwisata  pada lembaga pendidikan serta memberikan pengetahuan dasar kepariwisataan kepada mahasiswa. Serta menciptakan kader-kader pariwisata untuk pengembangan pariwisata di Kalimantan Selatan.  Dalam hal ini juga agar mahasiswa dapat melahirkan gagasan baru untuk membangun pariwisata.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Drs Dahnial Kifli, Sabtu, (10/11/2018) Hotel Amaris di sela-sela acara Pariwisata Goes to Campus II yang dihadiri undangan peserta sebanyak 273 orang terdiri dari mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

Dahnial mengatakan, pariwisata selalu memiliki prinsip semakin dilestarikan semakin mensejahterakan. Dasar pelaksanaan  Undang Undang No10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan peraturan daerah Provinsi Kalsel No8 Tahun 2010 tentang Kepariwisataan.

“Kegiatan ini sebagai salah satu sasaran pembangunan kelembagaan kepariwisataan dan perencanaan pembangunan kepariwisataan daerah kurun waktu  tahun 2013 sampai dengan tahun 2028,” paparnya.

Menurut Dahnial, seiring dengan perkembangannya kepariwisataan dari tahun ke tahun menunjukkan kecendrungan semakin pesat. Hal ini disebabkan antara lain kepariwisataan telah berkembang menjadi suatu kebutuhan dasar dan menjadi bagian dari hak asasi manusia yang harus dihormati.

Dikatakannya, sebagai bagian dari masyarakat mahasiswa memiliki peran strategis dalam mengupayakan percepatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi melalui sektor pariwisata. Pariwisata Goes to Campus dilaksanakan agar mahasiswa dapat melahirkan gagasan baru untuk membangun pariwisata. Mahasiswa sebagai multi disiplin multi dimensi dan multi ilmu harus memiliki nilai tambah yang berguna bagi kemaslahatan masyarakat.

“Peran serta masyarakat tersebut perlu diberikan arahan agar pelaksanaan berbagai kepariwisataan yang dilakukan dapat saling mengisi saling  berkaitan, saling menunjang satu dengan lainnya. penyelenggaraan kepariwisataan di Kalimantan Selatan dilaksanakan secara terpadu oleh Pemerintah Daerah, badan usaha dan masyarakat  secara keseluruhan,” kata Dahnial. Humpar -Mc Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan