Literasi Media : Pilihlah Siaran Yang Berkualitas

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel H. Abdul Haris membuka secara resmi kegiatan Literasi Media dengan tema “Memilih Siaran yang Berkualitas” di Aula Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (31/10). MC Kalsel/Tgh

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel H. Abdul Haris membuka secara resmi kegiatan Literasi Media dengan tema “Memilih Siaran yang Berkualitas” di Aula Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (31/10).

Abdul Haris dalam sambutannya menghimbau kepada masyarakat dan generasi muda agar memilih siaran yang berkualitas, karena meskipun tayangan memberi inspirasi, namun ada nada tontonan yang mempengaruhi pola pikir kearah negatif.

“Berita dan siaran yang berkualitas mudah di mengerti, karena masyarakat memiliki latar belakang yang bervariasi sehingga ada yang mudah memahami ada yang tidak,” katanya.

Selanjutnya, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Agung Suprio mengajak masyarakat untuk resional dalam memilih program siaran televisi. Ada tayangan televisi ratingnya bagus, tapi kualitasnya buruk, nah itu adalah tugas kita semua untuk memilih siaran

“Kuncinya Publik mesti rasional dan literasi media upaya KPI untuk mengajak publik rasional,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisis I DPRD Suripno Sumas mengatakan tak jarang terjadi pornomedia. “Peranan kita adalah melakukan kontrol tidak hanya pasif apakah siaran sudah sesuai dengan nilai dan norma sosial kita,”  ungkapnya.

Kesempatan yang sama dikatakan Akademisi Universitas Lambung Mangkurat Sri Astuty menegaskan adanya potensi negatif siaran terutama kepada anak – anak.

“Imitasi sangat sering terjadi bagi anak – anak bahkan kita semua dan masih kita temukan tayangan yang buruk. Sangat perlu proses pendampingan,” pungkasnya.

Gelaran kegiatan ini diikuti kurang lebih 150 orang perserta terdiri atas unsur Mahasiswa Perguruan tinggi yang ada di Kalsel dan Kelompok Masyarakat Peduli Siaran (KMPS) serta kegiatan ini berlangsung selama satu hari terhitung dari tanggal 31 Oktober 2018. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan