Menjaga Lingkungan Tugas Seluruh Elemen Masyarakat

M Ikhlas, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan. MC Kalsel/rmd

Komitmen Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah Kalimantan Selatan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Proinsi Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan, M Ikhlas saat menghadiri Rakerwil dan Dilaog Lingkungan Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah Kalsel, Sabtu (15/09)

“Komitmen Muhammadiyah untuk menjaga lingkungan tentu saja sejalan dengan program Gubernur Kalsel dengan program Revolusi Hijaunya, untuk itu Pemprov Kalsel akan dukung penuh komitmen ini,” ungkap Ikhlas.

Ikhlas menambahkan, berbagai upaya sudah dilakukan Pemprov untuk mengentaskan kerusakan lingkungan, seperti melakukan upaya selektif dalam memberikan izin terkait pengelolaan sumber daya alam.

Pembangunan berkelanjutan mengamanatkan aktivitas pembangunan harus memperhatikan kondisi lingkungan, dengan menerapkan analisis dampak lingkungan dalam pengendalian yang cukup ketat.

“Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam peningkatan pengamanan lingkungan. Selain itu, kami juga berupaya melakukan penyelamatan lingkungan melalui program revolusi hijau, agar lahan kritis di Kalsel semakin berkurang,” tambah Ikhlas.

Selain berbagai kebijakan, Pemerintah juga menghimbau berbagai elemen masyarakat untuk ikut dalam menjaga lingkungan hidup, karena tanpa adanya kesadaran penuh dari masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan mustahil lingkungan akan lestari.

“Kami imbau masyarakat untuk memiliki kepedulian serta kesadaran untuk secara aktif dalam pemeliharaan lingkungan, terutama di lingkungannya masing-masing,” ucapnya.

Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan itu menurutnya bisa dari hal kecil, seperti kepedulian terhadap pengelolaan sampah sudah sangat membantu dalam melestarikan lingkungan.

Ia berharap, Melalui Dialog Nasional Lingkungan Hidup dan Rapat Kerja Wilayah Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan wilayah Muhammadiyah Kalsel ini, dapat dirumuskan ide maupun pendalaman kajian tentang penyelamatan lingkungan di wilayah Kalsel.

“Semoga akan tercipta iklim positif dan membuka wawasan baru bagi warga Muhammadiyah dan masyarakat pada umumnya dalam rangka mendukung program pemerintah dan meningkatkan kualitas lingkungan di Kalsel,” ucap Paman Birin. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan