Dishub Kalsel Gelar Pemilihan AKUT

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Kalsel, H Siswansyah memberikan sambutan tertulis dari Gubernur Provinsi Kalsel sekaligus membuka Pemilihan Abdi Yasa Teladan/Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tingkat Provinsi Kalsel di Fave Hotel Banjarmasin, Sabtu (28/7). MC Kalsel/Ar

Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Pemilihan Abdi Yasa Teladan/Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tingkat Provinsi Kalsel di Fave Hotel Banjarmasin, Sabtu (28/7), kegiatan ini berlangsung 3 (tiga) hari dari tanggal 28-30 Juli 2018.

Kegiatan Abdi Yasa Teladan dimaksudkan untuk mengubah sikap pengemudi supaya tertib dan ikut bertanggung jawab agar lalu lintas lancar. Selain itu, untuk menciptakan pengemudi yang memiliki kompetensi di bidangnya dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Hal tersebut dikemukakan Gubernur Provinsi Kalsel dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Kalsel, H Siswansyah.

Menurut Siswansyah, transportasi darat khususnya bidang lalu lintas dan angkutan jalan menjadi komponen yang sangat penting dari sub sektor perhubungan darat.

“Dari tahun ke tahun, permasalahan di bidang transportasi jalan cenderung terus meningkat dan kualitas pelayanan angkutan umum dari tahun ke tahun semakin menurun dan belum mampu memenuhi harapan masyarakat” ucap Siswansyah.

Ia juga mengungkapkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan khususnya yang melibatkan angkutan umum, berakibat timbulnya kerugian yang tidak sedikit jumlahnya. Permasalahan tersebut sebagian besar terjadi karena faktor Sumber Daya Manusia (SDM).

“Oleh karena itu, sebagai upaya penanganan terhadap faktor tersebut pemerintah setiap tahun telah melaksanakan beberapa program di bidang angkutan umum dan salah satunya adalah melaksanakan Pemilihan Abdi Yasa Teladan/AKUT Tingkat Nasional” ungkapnya.

Diharapkan peran aktif pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan bersama-sama stakeholder lainnya untuk terus mendorong terlaksananya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan upaya peningkatan pelayanan angkutan umum dan keselamatan jalan seperti yang kita laksanakan hari ini.

Selanjutnya Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Arief mengatakan Pemilihan Abdi Yasa Teladan bertujuan untuk mendorong terwujudnya penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas, kejadian kecelakaan dan tingkat fatalitas akibat kecelakaan terutama yang disebabkan oleh faktor pengemudi dan untuk mewujudkan peran serta masyarakat dalam memberikan penilaian yang positif terhadap perilaku/unjuk kerja awak kendaraan umum.

Adapun peserta Pemilihan AKUT Tingkat Provinsi Kalsel berjumlah 16 orang terdiri dari Kota Banjarmasin sebanyak 2 orang, Kab Banjar sebanyak 3 orang, Kota Banjarbaru sebanyak 3 orang, Kab Tabalong sebanyak 3 orang, Kab Balangan sebanyak 2 orang dan Kab Hulu Sungai Selatan sebanyak 3 orang. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih