Masyarakat Banjarbaru Siap Perangi Narkoba

Asisten III Kota Banjarbaru M. Hamridy menyampaikan sambutan pada Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tahun 2018 di Gedung Bina Satria Banjarbaru, Kamis (12/7).

Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tahun 2018 di Gedung Bina Satria Banjarbaru, Kamis (12/7).

Peringatan Hani ini juga dihadiri Kepala BNNK Banjarbaru AKBP Sugito, Wakapolres Banjarbaru dijabat Kompol Iwan Hidayat, Ketua DPRD Kota Banjarbaru Iwansyah dan Walikota Banajrbaru yang diwakili oleh Asisten III Kota Banjarbaru M. Hamridy.

“Kegiatan peringatan Hani mengakat tema “Meyatukan dan menggerakan seluruh kekuatan bangsa dalam perang melawan narkoba untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat tanpa nakoba,” ucapnya Hamridy pada saat mewakili Walikota Banjarbaru menyampaikan sambutan

Hamridy mengatakan peringatan Hani memiliki makna keprihatinan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta precursor narkotika, sehingga dibutuhkan sebuah generasi untuk menyadarkan seluruh umat manusia di dunia.

Oleh karena itu ancaman bahaya narkoba saat ini telah melanda sebagian besar Negara dan bangsa di dunia, termasuk di Negara kita. “Bahkan kini penyalahgunaan narkoba telah berkembang cukup serius dengan sasaran yang semakin meluar hingga ke anak – anak sekolah dasar,” katanya.

Selanjutnya, menurut data badan narkotika nasional sampai tahun 2017 pengguna narkotika di Indonesia mencapai 6,4 juta jiwa, 27 persen diantaranya merupakan mahasiswa dan pelajar.

“Sedangkan kerugian yang disebabkan penyalahgunaan narkoba sepanjang 2017 paling besar pada kerugian sosial yakni sebesar Rp 77,4 triliun dan kerugian pribadi sebesar Rp 7,3 triliun,” jelasnya.

Saya berharap melalui kegiatan ini kita bersama – sama dapat bekerjasama untuk berperang terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dengan melibatkan seluruh elemen bangsa baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat.

Selanjutnya, tanpa kerjasama dari seluruh komponen bangsa upaya dalam mencegah dan memberantas masalah penyalahgunaan narkoba tidak akan berhasil. “Mari kita tingkatkan kebersamaan dalam perjuangan menyelamatkan dan melindungi bangsa dari ancaman kejahatan narkoba,” tandasnya.

Dikesempatan yang sama  Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarbaru AKBP Sugito mengatakan untuk membangun solidaritas dalam rangka mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang menjadi ancaman kehidupan berbagsa, bernegara dan bermasyarakat serta menggelorakan semangat membara dalam sebuah kebersamaan seluruh komponen bangsa sebagai upaya melawan kejahatan narkoba.

Oleh sebab itu BNN Kota Banjarbaru telah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain berupa himbauan pemasangan spanduk, banner, videotron tentang P4GN di instansi pemerintah maupun swasta, melaksanakan koordinasi dengan organisasi keagamaan dan MUI untuk menyemarakkan Hani 2018 melalui pesan hidup sehat tanpa narkoba melalui ceramah, kultum dan khutbah di bulan suci ramadhan.

Bakti sosial dan senam sehat bersama masyarakat di kelurahan guntung payung dan kampanye stop narkoba yang dilaksanakan di taman van der pijl Banjarbaru. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan