Pentingnya Al-Qur’an Kepada Anak Usia Dini

Suasana Peserta Seminar Tahfidz Qur’an For Kids dengan tema “Ayo Menghafal Al-Qur’an Sejak Usia Dini” di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Minggu (13/5). MC Kalsel/Ar

Sejak usia dini anak – anak kita memang harus dikenalkan dengan Al-Qur’an karena Al-Qur’an sumber dari berbagai ilmu dan merupakan salah satu dari Rukun Iman yang harus diyakini oleh setiap orang yang beriman.

Dengan mengenal kitab suci Al-Qur’an lebih awal anak – anak kita akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak mulia dan sekaligus menjadi generasi harapan yang mampu membawa perbaikan dalam meningkatkan mutu kehidupan.

Gubernur Provinsi Kalsel, H. Sahbirin Noor mengemukakan hal itu dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman pada Seminar Tahfidz Qur’an For Kids dengan mengangkat tema “Ayo Menghafal Al-Qur’an Sejak Usia Dini” di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Minggu (13/5).

Selanjutnya, Syamsir menjelaskan pengenalan terhadap Al-Qur’an bagi anak – anak harus lebih kita dahulukan daripada bacaan – bacaan yang lainnya karena Al-Qur’an itu menjadi petunjuk bagi manusia dan sebagai pembeda antara yang haq dan yang batil serta induk dari segala ilmu pengetahuan.

“Oleh karena itulah, menjadi kewajiban kita bersama terutama orang tua dan lingkungan keluarga untuk membina dan mendidik anak – anak mereka untuk lebih dahulu mengenal dan bisa membaca Al-Qur’an sebelum mengenal hal – hal yang lainnya” ujar Syamsir.

Ia juga mengajak kepada seluruh peserta agar bersama- sama berpartisipasi aktif dalam mengikuti seminar ini, jadikanlah seminar ini sebagai momentum untuk mendorong lahirnya hafidz dan hafidzah di Kalsel.

Ditempat ini juga Bupati Kabupaten Barito Kuala, Hj Noormiliyani mengatakan salah satu syarat utama yang diperlukan agar dapat memahami isi kitab suci Al-Qur’an adalah kemampuan membaca bahkan juga menulis huruf arab yang merupakan bahasa yang memang dikhususkan Allah SWT sebagai bahasa kitab suci Al-Qur’an.

“Kemampuan membaca dan menulis huruf arab tersebut tentunya hanya didapat dan diperoleh melalui proses pembelajaran secara terus menerus dan berkesinambungan” jelasnya.

Seminar ini tentunya sangat baik sekali bagi kita dan anak –anak kita karena dengan memahami isi kandungan Al-Qur’an kelak akan menjadikan anak – anak kita mampu mengamalkan ajaran yang terkandung di dalamnya.

Normiliyani mengharapkan kepada para orang tua agar terus memberikan dukungan, bimbingan dan motivasi kepada anak – anaknya agar mereka mau terus belajar terutama terhadap ilmu Agama Islam. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan