Satpol PP dan Satlinmas Siap Siaga Mengawal Pilkada Serentak

Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Hadi Prabowo (Kanan) menyampaikan sambutan pada acara Apel Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja Ke-68, Satlinmas Ke-56 Tahun 2018 di Halaman Kantor Setda Provinsi Kalsel, Sabtu (3/3). MC Kalsel/scw

Puncak peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-68 dan Satlinmas ke-56 Tahun 2018 tingkat Nasional dengan tema “Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018” yang dilaksanakan di Halaman Kantor Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru Sabtu (3/3) yang dihadiri ribuan anggota Satpol PP dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu acara di isi dengan berbagai atraksi, saat itu Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumolo juga memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Kalsel Abdul Haris Makie, Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina, dan Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani, atas partisipasi dan dukungan selaku tuan rumah pada HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-68 dan Satlinmas ke-56 Tahun 2018 yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri RI, Hadi Prabowo.

Mendagri RI, Tjahyo Kumolo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri RI, Hadi Prabowo mengatakan kepada jajaran Satpol PP dan Satlinmas harus terus tingkatkan kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi Negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah sehingga dapat lebih professional, kompeten dan berintegritas tinggi yang diharapkan dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan.

Peringatan hari jadi Satpol PP dan Satlinmas Tahun 2018 ini menjadi sangat istimewa karena bersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di 171 Daerah yang meliputi 17 Provinsi dan 154 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

“Terkait Hal ini saya anggap terdapat relevansi antara tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam penegakan Perda dan perkada serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat,” ucapnya.

Oleh karena itu Satlinmas yang mempunyai tugas pokok dan fungsi antara lain membantu menjaga ketentraman dan ketertiban umum penyelenggearaan pemilu dan pemilukada baik sebelumnya pada saat maupun setelah pelaksanaan pemungutan suara.

“Tugas lain Satlinmas adalah membantu penanggulangan bencana serta tugas sosial kemasyarakatan lainnya,” katanya.

Saya berharap dengan seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan di daerah masing – masing.

“Oleh sebab itu faktor penting yang harus diperhatikan dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan ketetiban umum dan ketentraman masyarakat dalam mengawali pilkada adalah pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik vartikal maupun secara horizontal dengan instansi terkait,” tandasnya. (scw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan