Peringatan HDI 2021 Tingkatkan Kesadaran tentang Penyandang Disabilitas

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani, di Banjarbaru, Sabtu (4/12/2021). MC Kalsel/Rns

Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) merayakan Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 di Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD) Iskaya Banaran, di Banjarbaru, Sabtu (4/12/2021).

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani, mengatakan peringatan HDI setiap tahunnya untuk menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas.

“Yaitu bahwa peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan,” kata Nuriyani.

Nuriyani menambahkan, tujuan ini selaras dengan tema HDI tahun 2021 yaitu Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca COVID-19.

“Untuk diketahui pada Hari Disabilitas Internasional 2021, United National mengeluarkan data bahwa dari total 7 miliar penduduk dunia, 15 persen di antaranya adalah orang dengan disabilitas. Mirisnya, 80 persen dari total orang dengan disabilitas itu, mereka tinggal di negara berkembang,” ujar Nuriyani.

Pemprov Kalsel, lanjut Nuriyani, sangat mendukung upaya pemenuhan hak penyandang disabilitas, sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Oleh karena itu, tidak ada perbedaan dalam hak maupun kewajiban. Mari wujudkan inklusi, bebas terbuka tanpa ada yang terpinggirkan,” kata Nuriyani. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih