Bersama Pusat Mendorong Kemajuan Usaha Daerah

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat menghadiri Rapat Kerja bersama Presiden RI, Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (23/2). Humasprov – Mc Kalsel / Fuz

Presiden RI , Joko Widodo, membuka resmi dan memimpin rapat kerja  bersama Gubernur se Indonesia, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (23/1) pagi.

Rapat kerja membahas Topik Percepatan Pelaksanaan Usaha di Daerah dihadiri seluruh Gubernur, termasuk Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Selain pejabat negara setingkat Gubernur, Presiden Jokowi juga mengundang Ketua DPRD Provinsi se Indonesia.

Presiden Jokowi menaruh harapan besar pada seluruh kepala daerah untuk menjaga citra Indonesia sebagai daerah tujuan investasi dengan segala kemudahan.

Dicontohkan presiden, jika ada investor untuk membangun pembangkit tenaga listrik di daerah berikan kemudahan sesuai prosedur yg layak.

“Jangan sampai  lama waktu proses perijinan ditingkat pusat lebih sederhana atau lebih mudah dari penyelesaian perizinan dari daerah,” ingatnya.

Daerah harus bisa menyakinkan calon investor jika perizinan investasi di Indonesia mudah dan aman.

Presiden juga berharap peneguhan  komitmen kepala daerah untuk terus memantau langsung segala aspek birokrasi bagi kemudahan perizinan usaha.

Daerah juga diingatkan terus melakukan penguatan kerja sama dengan stakeholder terkait, termasuk dengan pelaku  dunia usaha.

“Saudara-saudara diundang secara khusus untuk meneguhkan komitmen menjaga  citra negara kita sebagai daerah   tujuan investasi,” ajak Presiden.

Presiden Jokowi juga mengharapkan para Gubernur melalui satuan kerja perangkat daerah untuk memantapkan pelayanan perizinan satu pintu dalam rangka memudahkan calon investor.

Pemerintah akan terus mendorong bagi kemudahan dan percepatan pembangunan di sektor dunia usaha.

Baik pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota harus memiliki visi sama  dan terukur dalam upaya mewujudkan kemudahan dan percepatan usaha di daerah.

Pesan penting lain yang disampaikan Presiden Jokowi adalah pentingnya penguatan ekonomi kerakyatan di masing-masing daerah dengan cara mendorong pertumbuhan usaha kecil menengah dan kerajinan rumah tangga.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang sejak awal rapat kerja terlihat menyimak dan mencermati serius pesan-pesan penting yang disampaikan presiden.

Gubernur kelahiran 12 November 1967 dan biasa akrab disapa Paman Birin ini juga terlihat mencatat pengarahan penting presiden.

Ditemui usai pertemuan, Paman Birin mengatakan pihaknya akan segera mengambil langkah-langkah strategis bagi penyempurnaan kebijakan percepatan pelaksanaan berusaha di daerah.

“Bersama pemerintah pusat,  kami pemarintah  Provinsi terus mendorong kemajuan pembangunan dunia usaha di daerah, khususnya penguatan citra sebagai daerah tujuan investasi,” tandasnya.

Gubernur Kalsel juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah pusat atas bantuan-bantuan pembangunan untuk daerah, terutama kebijakan bagi kemudahan berusaha di daerah. 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan