Program Roots Day di SMK 3 Muhammadiyah Banjarmasin

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Hadeli Rosaidi di Banjarmasin, Selasa (23/11/2021). MC Kalsel/Fuz

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel apresiasi pelaksanaan Program Roots Day yang diselenggarakan di SMK 3 Muhammadiyah Banjarmasin.

Roots Day merupakan program pencegahan, perlindungan dan kekerasan yang dilakukan di sejumlah sekolah sebagai perwakilan dan percontohan.

Di Kalimantan Selatan dilaksanakan di SMK 3 Muhammadiyah Banjarmasin, dan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Hadeli Rosaidi.

Program tersebut mendapat sambutan yang baik, pihak dinas mendorong agar penerapan program itu dapat dicontoh oleh sekolah lainnya.

“Kita menyambut baik program tersebut, merupakan momen yang baik bagi sekolah untuk memberikan contoh kepada sekolah dan siswa sekolah yang lain,” ujar Hadeli, Selasa (23/11/2021).

Melalui program Roots Day yang diamanahkan oleh Direktorat Pendidikan, diharapkan agar kasus yang telah terjadi di beberapa daerah tidak terjadi di seluruh sekolah di Kalimantan Selatan.

Peran penting dalam menghadapi kasus seperti ini diperlukan kesadaran dari pihak sekolah dan lingkungan lainnya.

“Kita tetap berharap ini tidak akan terjadi di daerah kita, sebagaimana yang ada di daerah lain, sukur ada kesadaran dari lingkungan sekolah, orang tua, masyarakat dan anak-anak itu sendiri,” tambah Hadeli.

Sementara itu, Kepala SMK 3 Muhammadiyah Banjarmasin, Mangin menyebutkan bahwa pelaksanaan penempatan Program Roots Day atas capaian penerapannya di sekolah.

“Belum pernah ada kasus seperti itu, kita juga berharap agar kasus serupa tidak terjadi di sekolah-sekolah di Kalimantan Selatan,” ujar Mangin. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai