Pemerintah Provinsi Dorong Pembangunan Jalan Tol

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kalsel Achmad Sofiani bertujuan untuk membuka akses sejumlah daerah terisolir, Jum’at (17/11/2017).
“Pemerintah Provinsi Kalsel terus mendorong proyek pembangunan ruas jalan tol atau bebas hambatan sepanjang 160 kilometer yang menghubungkan kota Banjarbaru menuju Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan.”
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel Achmad Sofiani mengatakan proyek pembangunan ruas jalan bebas ini, awalnya bertujuan untuk membuka akses sejumlah daerah terisolir. Belakangan jalan mulai terhubung melalui program tentara manunggal masuk desa (TMMD) sepanjang 25 kilometer. Selain itu, sebagian besar badan jalan juga sudah terbangun oleh rintisan swasta yang rencananya akan dihibahkan kepada Pemprop. Sehingga beban Pemprop sedikit ringan karena hanya akan menangani sebagian pembangunan dan peningkatan jalan. Sedangkan sisanya diusulkan didanai APBN atau pihak ketiga. Achmad Sofiani menambahkan saat ini pihaknya telah membuat Detail Enginering Design (DED) proyek jalan yang diperkirakan akan memakan biaya hingga lebih 10 triliun rupiah tersebut. Rencananya  tahun depan tahapan penyusunan DED sudah rampung. (NRH/RDM)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan