Mobilisasi Germas Kader Muslimat NU

Sekretaris Daerah Prov Kalsel, H. Abdul Haris sampaikan sambutan tertulis Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor pada pembukaan Mobilisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di gedung dakwah NU Gambut Kab. Banjar, Minggu (19/11). Gubernur berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi warga NU khususnya dan warga masyarakat Kalimantan Selatan pada umumnya. Mc Kalsel / Fuz

Sekretaris Daerah Prov Kalsel, H. Abdul Haris mewakili Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor pada pembukaan Mobilisasi Kader Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Kalimantan Selatan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada santri dan majelis taklim.

Seluruh pimpinan pesantren dan majelis taklim muslimat NU menghadiri pembukaan tersebut yang dilaksanakan di gedung dakwah NU Gambut Kabupaten Banjar, Minggu (19/11).

Gubernur Kalsel mengingatkan, dalam hal ini disampaikan oleh Abdul Haris bahwa saat ini Indonesia dihadapkan pada masalah kesehatan dengan masih tingginya penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernapasan atas, tuberkulosis, diare dan lainnya. Adanya peningkatan penyakit tidak menular itu seharusnya sudah teratasi.

Dalam sambutan Gubernur juga disampaikan berbagai penyakit yang bisa menyerang. Penyakit tidak menular saat ini dapat menyerang bukan hanya usia lanjut tetapi telah bergeser ke usia muda, dari semua kalangan ekonomi mampu dan tidak mampu dan tinggal di kota maupun di desa.

Kondisi kesehatan, erat kaitannya dengan pola hidup masyarakat yang tidak sehat, seperti kurang beraktivitas fisik, perubahan pola makan masyarakat yang cenderung untuk makan makanan olahan, siap saji, tinggi gula, garam dan lemak dan kurang makanan yang berserat seperti buah dan sayur menyebabkan gangguan pencernaan.

Karenanya, melalui kegiatan yang dilaksanakan ini, diharapkan dapat  meningkatkan pemahaman dan kemampuan pondok pesantren dan majelis taklim muslimat Nadlatul Ulama tentang hidup sehat.

Selanjutnya, pondok pesantren dan majelis taklim diharapkan dapat menggerakan masyarakat, khususnya masyarakat binaanya untuk berperilaku hidup sehat dan melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan cara yang sehat pula.

Eksistensi muslimat NU sebagai penggerak masyarakat mempunyai kapasitas, untuk menggerakkan masyarakat agar meningkatkan peran aktifnya dalam peningkatan perilaku hidup sehat.

Keberhasilan muslimat NU dalam meningkatkan peran sertanya, dapat ditandai dengan adanya kader-kader kesehatan yang mampu menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan perilaku sehat individu, keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan keluarga sehat baik kuantitas maupun kualitas yang berdampak pada penurunan angka kesakitan dan kematian.

Sebagai salah satu organisasi masyarakat yang mempunyai visi dan misi membangun dan memberdayakan perempuan Indonesia seutuhnya, kiranya Muslimat NU telah ikut serta mendukung program Germas.

Gubernur berharap kiranya warga Kalsel, Nahdiyin khususnya mendapatkan manfaat atas kegiatan ini, “mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan ini, dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi warga NU khususnya dan warga masyarakat Kalimantan Selatan pada umumnya,” akhir sambutan Gubernur Kalsel. Mc Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan