OKTOBER, SAATNYA TES IVA DAN SADANIS

Sejumlah wanita mengisi formulir kegiatan deteksi dini kanker serviks dan payudara di kantor Gubernur kawasan siring 0 kilometer Banjarmasin pada Selasa (17/10.2017)

Apa itu tes IVA? IVA adalah inspeksi visual asam asetat, untuk mengetahui apakah leher rahim seorang wanita terdapat kanker serviks. Tes yang biasa disebut papsmear ini, hanya dapat dilakukan pada wanita yang sudah melakukan hubungan suami istri, dari usia 30 hingga 50 tahun. Sementara Sadanis adalah pemeriksaan payudara klinis, untuk mengecek apakah ada tanda – tanda benjolan pada payudara, yang dapat mengarah pada kanker.

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo telah mencanangkan bulan Oktober 2017, sebagai bulan deteksi dini kanker serviks dan payudara di seluruh Indonesia. Pencanangan ini mendapat reaksi cepat dari tim penggerak PKK Provinsi Kalsel, yang menyelenggarakan pemeriksaan IVA dan Sadanis gratis pada Selasa (17/10) di kantor Gubernur kawasan siring 0 kilometer Banjarmasin. Kegiatan hasil kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan sejumlah lembaga ini, diikuti setidaknya 1.400 PNS serta istri PNS lingkup SKPD Provinsi, serta lembaga dan instansi vertikal di Kalsel.

Menurut Sekda Prov. Kalsel, Abdul Haris Makkie, Pemerintah Provinsi memberikan fasilitasi kepada seluruh wanita di Kalsel, untuk melakukan pemeriksaan IVA dan Sadanis secara gratis, di seluruh puskesmas selama Oktober ini. Upaya ini untuk menekan kasus kanker leher rahim dan payudara, yang sudah menjadi salah satu penyakit tidak menular yang mematikan di Indonesia. Sementara itu, wakil ketua 1 tim penggerak PKK Kalsel, Rosdiawati Rudy Resnawan menghimbau, agar seluruh wanita usia 30 hingga 50 tahun, memanfaatkan momen bulan deteksi dini kanker serviks dan payudara ini dengan sebaik – baiknya. Karena tindakan pencegahan, selalu lebih baik dibanding pengobatan.

Data riset kesehatan dasar kemenkes tahun 2013 menyebutkan, jumlah kanker serviks di Indonesia mencapai 98.690 kasus. Sedangkan kanker payudara mencapai 61.682 kasus. Sedangkan di Kalsel, tercatat 461 wanita diketahui positif terkena kanker serviks, usai melakukan pemeriksaan pap smear selama Januari – September 2017. Hingga September 2017, tercatat 33.768 wanita usia 30 – 50 tahun sudah melakukan tes IVA di Kalsel. (RIW/RDM)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan