Festival Tanglong Tutup Rangkaian Hari Jadi

H. Ibnu Sina, Walikota Banjarmasin menyampaikan sambutannya pada acara Festival Jukung Hias (Tanglong),“Pemko Banjarmasin sangat mengapresiasi kegiatan ini, tujuannya untuk menghidupkan kembali budaya dan kearifan lokal,” ujarnya saat menyampaikan sambutan, Sabtu (30/09). MCKalsel/ Scw

Puncak rangkaian hari Jadi Kota Banjarmasin ke-491 dengan gelaran acara pamungkas yakni Festival Jukung Hias (Tanglong) berlangsung sangat meriah, Sabtu (30/09).

Acara yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin ini ditonton puluhan ribuan masyarakat, yang datang dari berbagai pelosok kota seribu sungai.

Meraka tumpah ruah di sekitar kawasan Siring Sudirman dan Siring Menara Pandang Banjarmasin untuk melihat pagelaran yang hanya dilaksanaka setahun sekali itu.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyatakan apresiasinya atas kesuksesan pagelaran budaya tersebut. Acara juga dihadiri juga Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani dan Wakil Ketua TP PKK I Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah itu diikuti sekira 31 unit jukung hias yang terbagi atas,  jukung bermesin dan jukung tidak bermesin.

Peserta dengan jukung bermesin berjumlah 14 unit, sedangkan peserta dengan jukung tidak bermesin sekitar 17 unit. “Terima kasih kepada seluruh SKPD lingkup Pemko Banjarmasin yang telah mendukung kegiatan ini, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan lancar,” kata Ibnu Sina lagi.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Muhammad Ikhsan Alhak menerangkan, kegiatan Festival Jukung Hias dilaksanakan dalam rangka memeriahkan rangkaian hari Jadi Kota Banjarmasin.

Dikatakannya lagi, kegiatan Festival Jukung Hias ini, sejak beberapa waktu lalu telah tercatat di Kementerian Pariwisata RI sebagai agenda kegiatan Nasional.

Untuk itu, ke depannya, Ikhsan Alhak berharap, cakupan peserta kegiatan tersebut akan diperluas, tak hanya lingkup Kalsel dan Pulau Kalimantan saja, tetapi akan direncanakan hingga tingkat Nasional.

Pemenang dalam lomba yang berlangsung sejak pukul 20.00 itu adalah jukung dengan nomor peserta 1, pemenang kedua jukung dengan nomor peserta 7, sedangkan pemenang ketiga jukung dengan nomor 2.

Selain penilaian untuk kategori pemenang 1,2 dan 3, saat itu dewan juri juga memilih pemenang harapan dan pemenang favorit. Untuk penyerahan hadiahnya dilakukan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani dan jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin. (humpro-bjm)(scw)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan