PATROLI RUTIN, HINDARI POHON TUMBANG

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Hamli Kursani yang turut memantau langsung ke lokasi kejadian pohon tumbang di jalan Tarakan – jalan D.I Panjaitan Banjarmasin, Kamis sore (24/8)

“Instansi terkait diminta untuk segera menindaklanjuti tumbangnya pohon besar dengan meningkatkan patroli.”

Permintaan itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Hamli Kursani yang turut memantau langsung ke lokasi kejadian pohon tumbang di jalan Tarakan – jalan D.I Panjaitan Banjarmasin, Kamis sore 24/8/2017. Menurutnya, peningkatan patroli tersebut terutama untuk pohon-pohon yang berusia belasan hingga puluhan tahun yang tak hanya rawan tumbang, namun juga dahannya berpotensi mengganggu transmisi listrik melalui jaringan kabel milik PLN. Pasalnya di sejumlah kawasan di Kota Banjarmasin terdapat banyak pohon berukuran besar, seperti di kawasan Lambung Mangkurat dan Sudirman serta di Jalan Hasan Basri.

Hal ini, menurut Hamli, harus segera dilakukan sehingga dapat dilakukan langkah preventif seperti pemangkasan ranting pohon yang dinilai membahayakan. Selain sempat menyebabkan lalu lintas di kawasan tersebut ditutup, tumbangnya pohon besar yang berada di dalam pagar eks kantor Badan Narkotika Nasional – BNN Provinsi Kalsel itu juga berimbas pada dimatikannya aliran listrik di sekitar lokasi kejadian. Hal ini sebagai langkah antisipasi terjadinya kejadian yang lebih buruk karena adanya dahan pohon berukuran cukup besar yang menyentuh kabel listrik dan merusak sejumlah warung yang berada tepat di seberang lokasi tumbangnya pohon tersebut.  Sedangkan untuk korban luka ringan langsung mendapatkan perawatan dan menjalani pemulihan pasca trauma.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan