Nuzulul Quran, Jadikan Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup

Suasana ruang induk Mesjid Raya Sabilal Muhtadin dipenuhi jamaah yang menghadiri peringatan Nuzulul Quran 1438 H di Banjarmasin, Minggu (11/6) malam. Mc Kalsel/Dha

Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar peringatan malam Nuzulul Quran 1438 H di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Minggu (11/6) malam. Peringatan yang digelar setelah shalat tarawih ini dihadiri ratusan jamaah dari berbagai wilayah di Banjarmasin. Hadir sebagai penceramah Guru Zuhdi sapaan akrab KH Ahmad Zuhdianoor serta diisi dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Qori penyabet juara 3 MTQ tingkat Internasional Muhammad Rizqon.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Harris Makkie, Gubernur Sahbirin Noor mengungkapkan terimakasih kepada Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan segenap lapisan masyarakat yang turut ikut andil dalam peringatan ini.

Sebagaimana diketahui Al-Quran adalah pedoman kehidupan di dunia dan di akhirat. Sebagai pedoman hidup, Al-Quran menerangkan dan menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia baik tentang ibadah, muamalah maupun akhlak. Bahkan Al-Quran mendorong manusia untuk lebih produktif, kreatif dan membangun peradaban hidup.

“Spirit Al-Quran yang mengajarkan perubahan dan kemajuan harus menjadi etos dan energi positif bagi kita untuk bekerja lebih keras mengubah nasib kita, mengubah nasib banua kita agar menjadi mandiri dan terdepan,” kata Sahbirin.

Gubernur mengajak semua jamaah untuk memanfaatkan momentum peringatan Nuzulul Quran ini untuk menghayati, merenungkan dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Menggelorakan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran di lingkungan rumah, musholla dan di masjid. Menjadikan Al-Quran sebagai wujudan dalam mengatasi problem dan masalah dalam kehidupan baik dalam bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.

“Semoga momentum peringatan turunnya Al-Quran ini, semakin menambah kualitas iman dan ihsan kita sebagai insan muttaqin dan muhsinin dan lebih bersemangat lagi menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Akhmad Sagir mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin khususnya kegiatan untuk membina dan mengembangkan masyarakat dalam konteks agama dan sosial. (Dha)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih