Kobarkan Semangat 17 Mei

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor membacakan Naskah Proklamasi Pemerintahan Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di depan warga Banjarbaru, Selasa (16/5). Mc Kalsel / Fuz

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme kebangsaan, salah satunya adalah yang dilakukan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dengan membacakan proklamasi dari satu daerah ke daerah lainya.

Ya, dengan mengenakan pakaian pejuang ala jaman dulu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menggunakan motor trail menembus batas turun ke desa dari Kota Banjarmasin hingga ke perbatasan Kalimantan Timur di Kabupaten Tabalong.

Salah satu desa yang disinggahi pria yang akrab disapa Paman Birin ini adalah Desa Tunggul Irang, Kabupaten Banjar pada Selasa-Rabu (16-17/5), di sana Gubernur mengumpulkan masyarakat dari anak-anak hingga orang tua, kemudian membacakan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI.

Hal tersebut dilakukan orang nomor satu di Bumi Antasari semata-mata untuk mengibar kembali semangat cinta akan tanah air yang mulai luntur di masyarakat.

Gubernur menegaskan anugerah kemerdekaan¬† ¬†pada jaman dahulu bukanlah hadiah dari penjajah. Tetapi merebutnya dari tangan penjajah dengan tetesan darah, “momentum peringatan ini harus kita jadikan untuk memperkuat nasionalisme persatuan dan kesatuan serta tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu kita terutama mengisi kehidupan masa kini untuk hal-hal yang berguna bagi daerah nusa dan bangsa,” ucapnya. Humas Kalsel – Mc Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *