Pelatihan Ketenagakerjaan Menekan Angka Pengangguran

BATULICIN – Pelatihan dan Pemagangan Dalam Negeri dilaksanakan Rabu (20/4) bertempat di PT. Nusantara Batulicin, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu).
Pelatihan sekaligus pemangangan tersebut bertujuan untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Tanah Bumbu dan Provinsi Kalimantan Selatan.
Pelatihan dan pemagangan disejumlah perusahaan di Bumi Bersujud Tahun 2017 berbasis pengguna program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas dilaksanakan oleh Dinas  Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan dan difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakertrans dan UKM) Kabupaten Tanah Bumbu.
Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming menyambut baik dengan dilaksanakanya pelatihan keterampilan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk warga masyarakat yang ada di Bumi Bersujud.
“Pelatihan bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat khususnya yang berada di sekitar perusahaan  diharapkan mampu menekan angka pengangguran,” ujarnya.
Ia mengatakan dengan keterampilan khusus yang dimiliki, tentunya  memudahkan pihak perusahaan dalam hal retrukmen tenaga kerja yang  sesuai standar dan kompetensi yang diterapkan oleh perusahaan.
“Pelatihan yang diberikan tentunya harus disesuaikan dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan sehingga memudahkan pihak perusahaan dalam hal perekrutan tenaga kerja,” ujar Bupati seraya mengatakan peserta yang magang diharapkan dapat langsung diterima bekerja diperusahaan tempat mereka pelatihan dan magang.
Selama mengikuti pelatihan dan pemagangan, para peserta selain mendapat keahlian juga diberikan sertifikat tanda pernah mengikuti pelatihan dengan keahlian khusus.
Kepala Disnakertrans dan UKM Tanbu, Suhartoyo, mengatakan pelatihan dan pemagangan dilaksanakan selama 5 (lima) bulan yang direncanakan mulai bulan April hingga selesai.
Ia menjelaskan materi pelatihan diantaranya teori, simulasi, dan praktek di perusahaan selama 160 jam pelatihan atau setara satu bulan pelatihan oleh instruktur. Sedangkan praktek di lini produksi perusahaan selama empat bulan yang di bombing oleh karyawan yang berpengalaman dari lingkungan perusahaan yang bersangkutan.
Adapun perusahaan yang ditunjuk menjadi tempat pelatihan dan pemagangan bagi 60 orang peserta yang semuanya berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu khususnya lulusan SLTA/sederajat adalah PT Nusantara Batulicin, PT Batulicin Agro Sentosa, PT Batulicin 69 Group, PT. Sapta Indera Sejati, PT. Putra Parahyangan Mandiri dan PT. Darma Henwa.
Sementara itu, Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Antonius Simbolon, melalui Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan, Wahyudin Noor, mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya untuk menekan angka pengangguran dan membuka angkatan kerja bagi masyarakat di Kalimantan Selatan.
“Menekan angka pengangguran merupakan tanggungjawab kita bersama. Salah satunya dengan menyediakan kesempatan kerja bagi masyarakat,” sebutnya.
Terkait pelatihan dan pemangangan yang dilaksanakan, Ia mengatakan pada tahun 2017 dilaksanakan bagi 200 orang peserta di Provinsi Kalimantan Selatan yang diantaranya 60 orang peserta pelatihan dari Kabupaten Tanah Bumbu.
Diharapkan melalui pelatihan dan pemangangan para peserta yang sudah memiliki keterampilan khusus tersebut dapat langsung diterima oleh pihak perusahaan dimana tempat mereka magang. (Rel/MC.Tanbu)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan