Bupati Tanah Bumbu : Hari Jadi ke 14 Momentum Meningkatkan Daya Saing Daerah

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan peringatan Hari Jadi ke 14 merupakan momentum bagi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk meningkatan daya saing daerah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud.

“Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 14, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengusung tema : Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Tanah Bumbu Hebat. Tema tersebut sinergi dengan apa yang menjadi Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021,” sebut Bupati Mardani H Maming  saat menyampaikan sambutan pada puncak Peringatan Hari Jadi ke 14 Tanah Bumbu di Batulicin, Sabtu (8/4/2017).

Sebagai langkah untuk meningkatkan daya saing daerah itu, diantaranya terangkum kedalam 7 (Tujuh) Program Strategis Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu  diantaranya yaitu 1000 Guru Berprestasi, Pelayanan Kesehatan Gratis, Peningkatan Pembangunan Infrastruktur, Satu Milyar Satu Desa, Pembangunan  Kelautan dan Kepariwisataan, Pembangunan Pertanian dengan penyaluran bantuan bibit benih padi unggul, dan percepatan Kawasan Industri Batulicin.

Khusus disektor pertanian, sebut Bupati Mardani, pihaknya mencoba untuk mengembangkan bibit benih padi unggul. Saat ini sedang dilakukan pembenihan di Kecamatan Kusan Hilir sekitar 40 hektar.

Sebagai wujud keseriusan membangun sektor pertanian ini, telah disediakan bibit benih padi unggul dan mendatangkan dokter ahi pertanian dari luar daerah untuk membantu para petani di Bumi Bersujud.

“Dilahan yang ditanami bibit benih padi unggul ini berdasarkan laporan Kepala Desa bertahun-tahun tanaman padi petani selalu gagal. Namun dengan bantuan bibit dan dokter ahli pertanian yang di datangkan maka hasilnya tanaman padi lebih subur,” sebut Bupati.

Melalui pembangunan pertanian ini, Bupati menginginkan Kabupaten Tanah Bumbu menjadi pusat pembibitan benih padi unggul untuk Kalimantan Selatan.

Sedangkan program pendidikan, menurut Bupati pihaknya meluncurkan program 1000 guru berprestasi yang menjadi program unggulan selama 5 (lima) tahun kepemimpinan.

“Setiap tahun targetnya ada 200 guru yang diberangkatkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan,” ucap Bupati seraya mengatakan dengan program tersebut  kualitas dan SDM guru semakin bagus dan berdampak pula pada anak didik generasi penerus pembangunan daerah.

Sementara itu, pada puncak peringatan Hari Jadi ke 14 Kabupaten Tanah Bumbu dimeriahkan dengan tari daerah, madihin, penyerahan piala dan piagam penghargaan, penyerahan dana mensukseskan program 1000 Guru Berprestasi, dan lainnya. (Rel/MC.Tanbu)

sumber : MC Tanbu

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan