Rotan sebagai ciri khas Kalimantan Selatan

Wakil Gubernur Kalimantan Selatan bersama Ibu Marie Eka Pangestu dari dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan meninjau produk rotan guna membangkitkan kembali komoditas rotan sebagai produk unggulan. (scw)

Banjarbaru, 28/2. Jenis rotan saat ini sudah berkembang dengan sangat inovatif,  yaitu bentuk anyaman berbeda dengan model handycraft ataupun rotan untuk furniture. Anyaman rotan ini sudah dalam bentuk barang jadi yaitu berupa kerai/gerai jendela untuk anyaman ataupun sebaliknya. Untuk saat ini,  rotan memiliki pasar potensial eksport yang ada di Eropa, Jepang,  dan Australia dan juga pasar lokal dan nasional.

Tujuan dinas perindustrian dalam acara seperti ini untuk menggali potensi rotan ini untuk kelola restorasi gambut, kaitannya  pada program pelihara lahan gambut dan peningkatan ekonomi sosial masyarakat terhadap lahan gambut yang produktif serta menghasilkan masukan dan langkah aksi dari para pihak mengenai potensi yang akan dihasilkan dan pengembangan rotan sebagai produk bersih (green product). (scw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *