Mambawa Langkah Manjunjung Adat

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel Yusuf Effendi menyampaikan sambutan pada pagelaran seni pertunjukan Kuntau di Gedung Balairungsari Taman Budaya, Banjarmasin, Sabtu (25/2). Mc Kalsel / Dha

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui UPTD Taman Budaya Kalsel menggelar seni pertunjukan Kuntau bertajuk Mambawa Langkah Manjunjung Adat di Gedung Balairungsari Taman Budaya, Banjarmasin, Sabtu (25/2) malam.

Pertunjukan ini dibawakan oleh Sanggar Seni Tradisional Ading Bastari – Barikin dan Perguruan Kuntau (Jasa Datu) Macan Kumbang Haruyan – Hulu Sungai Tengah, yang disutradarai oleh Lupi Anderiani.

Kuntau tidak hanya sekedar sebuah aliran bela diri, kuntau adalah peleburan antara kegiatan jasmani dan rohani dalam gerak yang atraktif. Kuntau mampu memberikan sebuah energi positif dalam kehidupan manusia melalui filosofi-filosofi yang ada di dalamnya.

“Kuntau memiliki unsur budaya sehingga bisa dikembangkan menjadi mata pelajaran muatan lokal,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel Yusuf Effendi.

Namun masih terkendala minimnya guru yang mengajari kuntau. “Untuk saat ini kita berupaya menginventalisir guru yang masih aktif hingga ke daerah Hulu Sungai,” lanjutnya. (Dha)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan