Jembatan Barito

jembatan barito merupakan salah satu jembatan yang terdapat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jembatan Barito sendiri merupakan penghubung antara Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Jembatan ini memiliki panjang 1.082 meter dan lebar sekitar 10 meter dengan ketinggian 25 meter di atas permukaan sungai. Jembatan barito tercatat sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia dan mendapatkan rekor Muri. Sebelum adanya jembatan ini, masyarakat sekitar menggunakan alat transportasi sungai untuk mencapai tujuan, seperti boat atau kelotok (perahu yang menggunakan mesin motor).

Saat ini jembatan barito menjadi salah satu aset kebanggaan warga Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin. Jarak tempuh dari Kota Banjarmasin menuju jembatan barito sekitar 15 kilometer atau menghabiskan waktu 30-40 menit. Di jembatan ini biasanya banyak anak muda yang menghabiskan waktu sorenya untuk sekedar bersantai dan menikmati keindahan alam yang terlihat dari jembatan barito. Pada saat akhir pekan, pengunjung jembatan barito akan terlihat lebih ramai. Hal ini dikarenakan pengunjung yang datang tidak hanya dari kalangan masyarakat setempat  saja, tetapi juga banyak masyarakat yang datang dari luar kota sekedar untuk bersantai, rekreasi ataupun menikmati keindahan alamnya.

Biasanya jembatan barito akan ramai dikunjungi saat jam 09.00 Wita waktu setempat dan sore dari jam 15.00 wita hingga malam tiba. Pengunjung yang datang biasanya menggunakan kendaraan pribadi, hal ini dikarenakan tidak adanya kendaraan umum yang melintas di jembatan
barito.(scw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan