Kembangkan Layanan Pemeriksaan Keliling Untuk Tingkatkan Pendapatan

Suasana laboratorium kesehatan Provinsi kalsel di Banjarmasin, Rabu (15/6/2022). MC Kalsel/tgh

Guna meningkatkan target capaian pendapatan, Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) segera mengembangkan layanan pemeriksaan keliling menggunakan mobile laboratorium.

“Dalam waktu dekat, kami akan luncurkan sebuah inovasi berupa mobile laboratorium keliling yang nantinya akan ditempatkan di kawasan car free day dan tempat lainnya,” kata Kepala Labkes Kalsel, Riko Ijami di Banjarmasin, Rabu (15/6/2022).

Lanjut, mobile laboratorium berjalan (Keliling) masih dalam pembenahan sarana prasarana pendukung, termasuk kemampuan sumber daya manusia untuk melaksanakan pemeriksaan laboratorium nantinya.

“Mudah-mudahan secepatnya dapat selesai prasarana ini. Nantinya lab keliling ini  melayani pemeriksaan kimia klinis dan hematologi seperti pemeriksaan asam urat, kolesterol dan lainnya,” ujarnya.

Selain mengembangkan inovasi mobile layanan keliling, pihaknya akan mengembangkan sarana apoteker dan laboratorium rujukan TB Paru.

“Kami akan mengupayakan hal tersebut dari gedung, sarana prasarana hingga legalitas semacam visitasi audit atau pemerikasaan dari Kemenkes, mengenai persyaratan yang baru dilengkapi untuk membuat laboratorium rujukan TB Paru dan apoteker,” katanya.

Jika sudah selesai visitasi dan rekomendasi, akan dilaksanakan status sebagai laboratorium rujukan TB Paru untuk regional Kalimantan meskipun ini memerlukan waktu. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai