Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Linmas dalam Menghadapi Pilkada Serentak 2024

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalsel melaksanakan Rapat Kerja Sub Urusan Kebakaran dan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Linmas dalam Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Adi Santoso dalam sambutannya mengatakan, 2024 adalah tahun yang penting untuk semua, karena akan dilaksanakannya pilkada serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kalsel.

“Dalam konteks ini, peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sangatlah krusial dalam memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pilkada berlangsung,” kata Adi, Banjarmasin, Kamis (12/9/2024).

Menurut Adi, Satlinmas harus siap siaga, untuk menjaga keamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta membantu menenangkan situasi dI tengah masyarakat jika diperlukan. Dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur Satlinmas, kegiatan sosialisasi ini menjadi momentum yang tepat bagi semua.

“Saya berharap, melalui sosialisasi ini, aparatur Satlinmas kita dapat memiliki kemampuan yang lebih baik, dalam menghadapi segala potensi kerawanan selama Pilkada 2024.,” ucapnya.

Lebih lanjut, kesigapan dan kedisiplinan Satlinmas, akan menjadi faktor kunci dalam menciptakan suasana yang kondusif dan aman, bagi masyarakat saat mereka menggunakan hak pilihnya.

Tidak hanya itu, pada kesempatan ini juga dilaksanakan rapat kerja pengelolaan SDM, pelaporan pemadam kebakaran dan penyelamatan bagi Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan bukan hanya terkait dengan pemadaman api, tetapi juga melibatkan upaya penyelamatan jiwa dan harta benda masyarakat, dalam berbagai situasi darurat,” tambahnya.

Oleh karena itu, menurut Adi, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan terlatih, menjadi kunci utama meningkatkan kapasitas, dalam menangani kebakaran dan bencana lainnya.

Sementara itu Kasatpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel Zakly Asswan menyebutkan Kegiatan rapat kerja ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam, terkait strategi pengelolaan SDM, pelaporan, dan pengelolaan operasional di sektor pemadam kebakaran dan penyelamatan.

“Dengan adanya pengelolaan yang baik, kita dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat, tepat, dan efektif bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan. Kita semua menyadari, bahwa tantangan yang kita hadapi dalam upaya menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan masyarakat semakin kompleks,” kata Zakly.

Oleh karena itu, ucap Zakly, diperlukan kerja sama yang erat antara seluruh aparatur, baik dari Satlinmas, Pemadam Kebakaran, maupun tim penyelamat.

Kolaborasi lintas sektor dan keterlibatan masyarakat, sangat penting untuk menciptakan kondisi yang aman dan damai, terutama dalam menghadapi pilkada serentak 2024, dan dalam menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi di wilayah banua.

“Melalui acara ini, saya berharap kita semua dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas kita, dalam melaksanakan tugas masing-masing. Saya juga berharap, agar kita dapat terus meningkatkan kesiapsiagaan, solidaritas, dan kedisiplinan, sehingga kita dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kalsel,” tandasnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai