Dispar Kalsel Akan Berikan Hibak Fisik bagi Pengelola Pokdarwis 13 Kabupaten/Kota

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel akan memberikan bantuan hibah fisik bagi pengelola objek wisata atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di 13 kabupaten/kota.

Kepala Dispar Kalsel, Muhammad Syarifuddin diwakili Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata, Musrefinah Lediya mengatakan, bantuan hibah fisik tersebut merupakan salah satu dukungan dari Dispar Kalsel dalam pengembangan objek wisata di daerah, adapun jenis bantuan yang diberikan berupa paving blok, mushola, dan gazebo.

“Jadi pada 2025, Dispar Kalsel khususnya Bidang Destinasi akan memberikan bantuan hibah fisik kepada pengelola objek wisata di 13 kabupaten/kota, dengan jumlah bantuan sekitar Rp150 juta per kabupaten/kota,” kata Lediya, Banjarmasin, Jum’at (6/9/2024).

Dalam pemberian bantuan hibah fisik ini, Lediya mengungkapkan pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata 13 kabupaten/kota untuk memilih destinasi wisata mana yang akan diberikan bantuan tersebut.

“Pengajuannya melalui tata proposal, bisa diajukan mulai tahun ini. Jadi, jika dalam proposal itu yang digunakan tanah Pemkab, proposal bisa diajukan melalui Dinas Pariwisata setempat, tetapi jika tanah tersebut milik Pokdarwis yang telah memiliki ketetapan hukum, maka proposal harus berasal dari Pokdarwis tersebut,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai